Ratusan anggota Satpol PP Bandung geruduk BKD

Senin, 02 September 2013 - 15:24 WIB
Ratusan anggota Satpol PP Bandung geruduk BKD
Ratusan anggota Satpol PP Bandung geruduk BKD
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 140 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung mendatangi kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD), di Jalan Wastukancana, Senin (2/9/2013). Meski enggan disebut berdemonstrasi, Satpol PP sempat meneriaki kantor BKD dari mobil pick upnya.

Sekira pukul 10.30 WIB, Kepala Satpol PP Kota Bandung, Ferdi Ligaswara, langsung membubarkan anggotanya dan berdiskusi dengan BKD. Menurut Ferdi, ratusan anggota Satpol PP tersinggung dengan pernyataan Kepala BKD di media cetak termasuk Koran SINDO yang terbit pada Sabtu (31/8/2013) lalu.

Media cetak mencatat, Kepala BKD Evie Saleha mengatakan, bahwa kurangnya personel tidak bisa jadi alasan Satpol agar tidak mengerjakan tugasnya. Menurut Ferdi, anggotanya tidak dapat perintah untuk datang ke kantor BKD hari ini.

"Secara spontan anggota kami yang sudah kerja siang malam, tidak libur saat yang lain libur, tidak punya cuti di hari raya datang hari ini. Kami tidak emosi, hanya refleks untuk audiensi, menyampaikan keinginan dan harapan," kata Ferdi.

Diakui Ferdi, memang secara rasio personel Satpol PP tidak cukup dengan adanya banyak tugas. "PP 26/2010 dan Perda 6/2012 mengatur Satpol harus dari PNS. Sementara jumlah PNS kurang, kami pun tetap mengoptimalkan meskipun permasalahan makin kompleks," ujar Ferdi.

Sementara menurutnya, BKD menyarankan agar staf Satpol ditambah dari tenaga alih daya (outsourcing).

"Kami tidak ingin menambah masalah untuk kurangi masalah. Kita sampaikan tadi, PNS di dinas-dinas yang gemuk inginnya ke Satpol. Jangan seperti yang lalu, bermasalah, tidak produktif, satpol ini bukan rehabilitasi," katanya.

"Kita akui kekurangan ada, tapi bukan kesimpulan kami tidak bekerja. Belum optimal saja," sambung Ferdi.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5486 seconds (0.1#10.140)