TPS 44 Krembangan dijaga 'Super Hero'

Kamis, 29 Agustus 2013 - 08:37 WIB
TPS 44 Krembangan dijaga Super Hero
TPS 44 Krembangan dijaga 'Super Hero'
A A A
Sindonews.com - Ada kreatifitas unik ditunjukan Petugas Pemungutan Suara (PPS) di Pilgub Jawa Timur untuk menarik minat pemilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Seperti dilakukan petugas di TPS 44 Kalan, Tambak Asri 25, Kelurahan Moro Krembangan, Kecamatan Krembangan, Surabaya. Mereka terlihat berdandan ala Super Hero.

Setidaknya ada tujuh petugas PPS memakai pakaian Super Hero itu, ada yang memakai kostum Rambo, Super Man, Hulk, Flash. Tak hanya itu, para petugas ini juga bertingkah seperti layaknya Super Hero saat melayani pemilih yang akan mencoblos.

Superman, ketika berjalan mengatur para pemilih ini selalu mengepalkan tangan layaknya tokoh Komik garapan Marvell Studio itu.

Untuk menghindari kesan dukungan terhadap calon tertentu, para petugas ini mengubah warna kostum. Contohnya, Spider Man yang seharusnya menggunakan warna merah ini diganti dengan warna Merah Putih.

KPPS TPS 44 Sujono mengatakan, aksi menggunakan pakaian Super Hero ini merupakan bentuk sindiran kepada calon pemimpin Jawa Timur. Bahwa, untuk menuju kemakmuran Jawa Timur butuh pemimpin yang super dan mengerti permasalahan yang dihadapi rakyat. Bukan pemimpin palsu yang hanya butuh rakyat ketika lima tahunan.

Selain itu, aksi menggunakan pakaian Super Hero ini juga untuk memancing para pemilih untuk datang ke TPS.

"Dengan begini warga akan semakin antusias datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya sehingga tidak Golput," kata Sujono di lokasi, Kamis (29/8/2013).

Kata Sujono, pakaian Super Hero ini dipakai mulai awal upacara hingga selesei penghitungan. Bahkan, lanjutnya, akan dipakai saat mengantarkan kotak suara ke tingkat kecamatan.

"Memang ada rasa malu saat memakai, namun hal ini rela dilakukan agar pemilihan di Krembangan berjalan sukses," katanya.

Terbukti, dengan berpakaian unik ini, tahun lalu sekitar 80 persen warga yang tercatat di daftar pemilih tetap (DPT) berpartisipasi memberikan hak pilihnya. Saat ini, di TPS 44 ini tercatat 317 DPT.

"Memang menarik, warga yang penasaran akan datang ke TPS. Kami berharap Pilgub ini berjalan sukses," terangnya.

Seperti diketahui Kamis 29 Agustus 2013 warga Jawa Timur menentukan siapa pemimpinnya untuk lima tahun kedepan. Tercatat ada 30.019.30 DPT. Jumlah tersebut terbagi 14.805.723 pemilih laki-laki dan 15.213.577 pemilih perempuan. Wwrga Jawa Timur akan menggunakan hak suara di 71.033 TPS se-kabupaten/kota Jawa Timur.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7116 seconds (0.1#10.140)