Gempa Pesisir Selatan hantam wilayah perkebunan kelapa sawit

Rabu, 28 Agustus 2013 - 14:50 WIB
Gempa Pesisir Selatan hantam wilayah perkebunan kelapa sawit
Gempa Pesisir Selatan hantam wilayah perkebunan kelapa sawit
A A A
Sindonews.com - Gempa yang mengguncang Pesisir Selatan Sumatera Barat, sekira pukul 12.43 WIB siang tadi dirasakan dengan durasi 30 detik oleh para warga setempat.

Menurut informasi, gempa tersebut sebagian besar mengguncang wilayah perkebunan kelapa sawit di wilayah Pesisir Selatan Sumbar.

"Hingga kini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan dan korban. Namun daerah yang terkena gempa disebutkan warga sebagian besar adalah perkebunan kelapa sawit," jelas Camat Air Haji, Rabu (28/8/2013).

Sementara itu, Manajer Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Ade Edward, mengatakan gempa ini merupakan bagian dari sistem patahan Sumatera.

"Ini bagian dari dampak patahan Sumatera. Gempanya sangat keras di Pesisir Selatan dan Kota Padang," ujar Ade.

Menurut Ade, ada beberapa wilayah yang diindikasikan terkena dampak besar dari gempa tersebut. "Sepertinya dampaknya terjadi di Air Haji, Indropuro, Tapan Pesisir Selatan. Meski begitu menurut saya dampaknya ringan saja," jelasnya.

Berdasarkan peta guncangan gempa intensitas gempa cukup kuat IV-V MMI. Sebelumnya gempa pernah terjadi hingga VI MMI ketika gempa 7,5 Skala Richter (SR) pada 12-13 September 2007.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9350 seconds (0.1#10.140)