SBY pesan Praja IPDN jauhi korupsi

Rabu, 28 Agustus 2013 - 13:30 WIB
SBY pesan Praja IPDN jauhi korupsi
SBY pesan Praja IPDN jauhi korupsi
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melantik 1.459 Pamong Praja Muda Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) di Kampus IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Dalam sambutannya, SBY memberi empat pesan pada para pamong praja muda yang akan segera memulai penugasan.

"Pertama, laksanakan tugas kalian dengan penuh rasa tanggung jawab dan dengan sebaik-baiknya untuk rakyat, berbuatlah yang terbaik," kata SBY, Rabu (28/8/2013).

Kedua, SBY meminta pamong praja muda untuk ikut memelihara kehidupan masyarakat yang rukun dan damai, serta penuh toleransi. "Hal ini penting dalam kehidupan masyarakat yang majemuk," jelasnya.

Ketiga, SBY mengajak para pamong praja muda untuk membangun citra pemerintahan yang baik dan bersih, serta selalu dirasakan kehadirannya oleh masyarakat.

Pesan terakhir, SBY meminta para pamong praja muda yang akan segera bertugas untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas sesuai sumpah dan janji jabatan baik kepada Tuhan, pemerintah, maupun kepada rakyat.

"Jauhi segala bentuk penyalahgunaan wewenang dan tindak pidana korupsi," pesannya.

SBY pun menyampaikan selamat kepada para pamong praja muda yang dilantik. "Kalian telah berhasil menyelesaikan pendidikan di IPDN dengan baik dan mengantarkan kalian menjadi pamong praja muda yang siap mendarmabaktikan diri untuk bangsa dan negara tercinta," tuturnya.

Ia lalu mengingatkan soal tugas pamong praja. "Tugas utama yang diemban oleh para pamong praja adalah tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan umum. Tugas-tugas ini antara lain adalah pembinaan ideologi Pancasila, pembinaan kesatuan bangsa, pembinaan politik dalam negeri, hingga tugas pembinaan ketenteraman dan ketertiban umum," paparnya.

Selain itu, para pamong praja juga memiliki tugas untuk melakukan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan di daerah, serta melaksanakan tugas lain yang berkaitan dengan kepamongprajaan.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4811 seconds (0.1#10.140)