Dua lembaga survei gelar quick count Pilkada Enrekang

Rabu, 28 Agustus 2013 - 13:21 WIB
Dua lembaga survei gelar quick count Pilkada Enrekang
Dua lembaga survei gelar quick count Pilkada Enrekang
A A A
Sindonews.com - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Enrekang dijadwalkan akan digelar besok, Kamis (29/8/2013). Penentuan pemimpin Enrekang itupun mendapat perhatian dari banyak kalangan, tak terkecuali sejumlah lembaga survei yang menyatakan akan menggelar perhitungan survei (quick count) di Pilkada Enrekang.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun SINDO, lembaga survei dan konsultan politik yang akan menggelar quick count Pilkada Enrekang yakni, Adhyaksa Supporting House (ASHO) dan Celebes Research Centre (CRC).

Konsultan lembaga survei ASHO, Halim Kamaruddin, membenarkan ASHO akan menggelar perhitungan cepat di Pilkada Enrekang. Perhitungan cepat yang dilakukan ASHO dimulai sejak perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) ditutup pada pukul 13.00 wita. Perhitungan suara cepat itu direncanakan akan dipusatkan di Kelurahan Kambiolangi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang.

Menurutnya, metode survei yang akan dilakukan ASHO adalah dengan mengambil sampel 160 TPS dari 457 TPS yang disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di 12 kecamatan se Kabupaten Enrekang. Margin of error dari hasil quick count mereka yakni plus minus 1 persen.

Hasil quick count yang dilaksanakan ASHO sudah bisa diketahui dua jam setelah pencoblosan karena ada beberapa TPS di daerah terpencil yang menjadi sampel sulit dijangkau jaringan komunikasi.

“Insya Allah, pukul 15.00 Wita atau dua jam setelah pencoblosan, hasil penghitungan cepat Pilkada Enrekang sudah bisa kita ketahui,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Konsultan Politik CRC, Herman Heizerc juga membenarkan pihaknya akan melakukan perhitungan cepat di Pilkada Enrekang. Hasil perhitungan cepat lembaga CRC akan dilakukan setelah pencoblosan di TPS ditutup dan hasilnya sudah bisa diketahui dua jam kemudian.

“Metode yang kami lakukan dengan mengambil sampel 150 TPS di 12 kecamatan dengan margin of error plus minus 1 persen,” ujar Herman.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7128 seconds (0.1#10.140)
pixels