Pembangunan SDM kunci kemajuan Pariaman

Rabu, 28 Agustus 2013 - 10:01 WIB
Pembangunan SDM kunci kemajuan Pariaman
Pembangunan SDM kunci kemajuan Pariaman
A A A
Sindonews.com - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman dengan nomor urut lima Indra J Piliang- Jose Rizal berjanji akan memajukan Kota Pariama dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurutnya mereka, tanpa memiliki sumber daya alam, seperti minyak bumi, batu bara, gas alam, SDM akan jadi kunci utama untuk meraih kemajuan.

“Tapi nyatanya kini, hampir 70 persen anak-anak SMA di Kota Pariaman tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Pada akhirnya mereka banyak bekerja disektor informal. Bekerja tanpa keahlian yang memadai, Ini masalah besar,” ujar Indra J Piliang, Rabu (28/8/2013).

Lanjut Indra, rendahnya kualitas SDM yang ada menjadi pemicu utama makin meningkatnya kemiskinan dan pengangguran.

Sektor ekonomi pun semakin lama akan semakin menurun tanpa ditopang dengan SDM yang memadai.

“Saya tidak ingin Kota Pariaman jadi kota mati, kota hantu. SDM harus dibenahi. Itulah kenapa saya ingin membangun Universitas dan Balai-Balai Latihan Kerja untuk meningkatkan SDM di Kota Pariaman,” tuturnya.

Peningkatan SDM menjadi sangat penting agar Kota Pariaman dapat bersaing dengan kota-kota lain. Hal ini mengingat peringkat IPM Kota Pariaman masih terendah di antara kota-kota di Sumatera Barat. Kondisi ini menunjukkan pembangunan Kota Pariaman masih rendah.

“Masalah SDM juga merupakan masalah pelik, tanpa SDM yang memadai. Kehadiran investor-investor dan perusahaan yang akan mendirikan pabrik kedepanya hanya akan jadi masalah baru. Bahkan, dapat merugikan Kota sendiri. Untuk alasan inilah, kami hadir ingin menjadi bagian masyarakat menyelesaikan berbagai problem yang ada,” tuturnya kembali.

Kami, lanjut Indra ingin Pariaman bangkit menjadi peradaban besar dan kuat. Menikam jejak menembus waktu hingga 5 abad lalu sebagaiman catatan sejarah Kota dalam tulisan Tome Pires. Serta menantang masa depan hingga 5 abad menjelang.

“Inilah yang membuat saya menggandeng anak-anak muda menjadi bagian tim. Karena saya ingin menularkan semangat perubahan. Saya tidak ingin generasi muda jadi generasi gagal,” katanya berapi-api.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7205 seconds (0.1#10.140)