SDA tak setuju tes keperawanan di sekolah

Senin, 26 Agustus 2013 - 14:37 WIB
SDA tak setuju tes keperawanan di sekolah
SDA tak setuju tes keperawanan di sekolah
A A A
Sindonews.com - Rencana tes keperawanan yang dilakukan oleh Pemkot Prabumulih mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Khusus untuk masalah ini, Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali (SDA) menentang hal tersebut.

Menurutnya, tes keperawan terhadap para pelajar dinilai tidak etis, karena bisa berdampak pada psikologis yang siswi.

"Menurut saya itu tidak tepat ada tes keperawanan seperti itu. Sudah jelas, saya tidak setuju karena tidak etis," tegas SDA, saat ditemui wartawan, di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Senin (26/8/2013).

Dia menilai, selain mengganggu psikologis siswi, tes keperawanan juga dianggap bisa menghambat pendidikan. Karena, untuk mencapai pendidikan yang berkualitas, tidak perlu dilakukan tes semacam itu.

Dia mencontohkan, seorang siswi berseragam sanawiah jika dilakukan tes keperawanan bukan tidak mungkin dalam psikologisnya akan membuatnya minder dan tertekan.

"Untuk itu saya menjamin jika sekolah di madrasah tidak akan ada (tes keperawanan)," katanya.

Dalam hal ini, SDA lebih memilih agar para orang tua terlibat secara aktif dalam pengawasan anaknya agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas.

Dalam kesempatan itu juga SDA berharap, agar selain diberi pelajaran di sekolah, anak juga harus mendapatkan pendidikan moralitas dari orang tuanya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7231 seconds (0.1#10.140)