Minat baca rendah, Mamuju Utara hidupkan perpustakaan

Jum'at, 23 Agustus 2013 - 14:40 WIB
Minat baca rendah, Mamuju Utara hidupkan perpustakaan
Minat baca rendah, Mamuju Utara hidupkan perpustakaan
A A A
Sindonews.com - Rendahnya minat baca, di Kabupaten Mamuju Utara (Matra), membuat pemerintah mengaktifkan kembali perpustaakan. Keseriusan ini, ditunjukkan dengan digelarnya pelatihan tata kelola perpustaakan di Hotel Blok M Pasangkayu.

Wakil Bupati Matra Muhammad Saal mengatakan, minat baca di wilayahnya sampai kini masih menjadi tema aktual. Dijadikan topik pertemuan ilmiah dan diskusi oleh para pemerhati, dan para pakar yang peduli terhadap perkembangan niat baca di Indonesia.

"Tapi hasilnya belum memberikan rekomendasi yang tepat. Berdasarkan pertemuan penelitian dan pengamatan, menunjukkan
bahwa minat baca masyarakat Indonesia relatif masih sangat rendah. Sehingga wajar apabila indeks sumber daya manusia juga rendah," katanya, kepada wartawan, Jumat (23/8/2013).

Karena itu, Kantor Arsip, Perpustakaan, dan Dokumentasi Matra, harus mampu meningkatkan minat baca. Perpustakaan harus difungsikan sebagaimana diharapkan.

Untuk mengelola perpustakaan, dibutuhkan petugas yang ahli dibidangnya. Tujuannya, adalah untuk meningkatkan kompetensi petugas perpustakaan dalam hal mengelola perpustakaan secara baik dan menarik.

"Tujuan lain adalah meningkatkan pemahaman pada ilmu perpustakaan, dan pelanyanan perpustakaan, meningkatkan keterampilan dalam katalogisasi dan preservasi buku perpustakaan, serta meningkatkan keterampilan dalam pengolahan dan pelayanan perpustakaan," ulasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7848 seconds (0.1#10.140)