Polisi gelar simulasi pengamanan Pilgub Kaltim

Jum'at, 23 Agustus 2013 - 13:28 WIB
Polisi gelar simulasi pengamanan Pilgub Kaltim
Polisi gelar simulasi pengamanan Pilgub Kaltim
A A A
Sindonews.com - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Timur (Kaltim) akan memasuki masa kampanye yang akan dimulai Sabtu (24/8/2013) besok.

Guna menghadapi Pilgub yang bakal digelar 10 September 2013 itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim bersama Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim menggelar simulasi pengamanan pilgub, di kompleks Stadion Madya Sempaja, Samarinda.

Dalam simulasi terebut, digambarkan situasi terburuk yang mungkin saja terjadi saat pelaksanaan pilgub. Polisi nampak memperagakan sejumlah aksi menangani aksi unjukrasa dan aksi teror. Tidak hanya menangani aksi dan unjuk rasa yang anarkis, aparat kepolisian yang dipimpin langsung Kapolda Kaltim, Irjen Pol Dicky Atotoy, juga memperagakan penanganan aksi teror hingga penanganan bahan peledak.

Simulasi ini melibatkan pasukan Dalmas Polresta Samarinda, Brimob Polda Kaltim dan unsur TNI. Sejumlah kendaraan anti huru hara seperti mobil water canon dan mobil lapis baja juga unjuk kebolehan dalam menjaga proses pengamanan dalam keadaan genting.

“Situasinya nanti mungkin seperti ini yang menurut kita berpotensi terjadi gangguan Kamtibmas, kita antisipasi seperti itu (simulasi pengaman),” kata Dicky, Jumat (23/8/2013).

Ia menjelaskan, saat ini situasi kemanan di Kaltim menjelang pemilihan gubernur masih kondusif. Pihaknya akan terus merawat kondisi ini hingga terpilih gubernur yang baru.

“Secara umum gangguan kamtibmas tidak terjadi peningkatan. Ganguan yang terjadi seperti hari-hari biasa,” katanya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6104 seconds (0.1#10.140)