KPU Jatim siapkan TPS khusus untuk pengungsi Syiah

Kamis, 22 Agustus 2013 - 14:06 WIB
KPU Jatim siapkan TPS khusus untuk pengungsi Syiah
KPU Jatim siapkan TPS khusus untuk pengungsi Syiah
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memastikan ratusan pengungsi Syiah Sampang yang tinggal di Rusun Puspa Agro, Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo tetap bisa ikut Pemilukada Jawa Timur (Jatim). KPU Jatim menyiapkan 1 Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di area pengungsian itu.

"Ada dua alternatif yang kita lakukan terkait warga Syiah Sampang itu agar tetap bisa memberikan suaranya dalam politik di Pilgub Jatim," kata Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Jatim Agus Mahfudz Fauzi kepada, Rabu (22/8/2013).

Ia menjelaskan, dua alternatif tersebut adalah, sejumlah warga Syiah tetap bisa memberikan hak pilihnya dengan cara ikut di TPS terdekat. Solusi yang kedua adalah KPU Jatim menyiapkan 1 TPS khusus dengan dua bilik suara. Kata Agus, pihaknya juga melakukan kordinasi dengan Kabupaten Sidoarjo.

Dari dua alternatif yang disediakan, tampaknya lebih besar mengarah untuk pembuatan TPS Khusus di kawasan pengungsian. "Persiapannya untuk sudah 90 persen. Termasuk beberapa logistik ikut Kabupaten Sidoarjo," jelas Agus.

Dari data yang masuk, lanjut Agus, jumlah warga Syiah Sampang di pengungsian yang memiliki hak pilik terdapat 132 warga. "Hari ini akan verifikas terkait pilgub jatim. Mulai dari kebutuhan logistik, verifikasi dan lain-lain," tambah Agus.

Pilgub Jatim yang akan dihelat pada 29 Agustus 2013 terdapat 30.019.300 pemilih. Warga Jawa Timur akan mencoblos di 71.033 TPS.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6204 seconds (0.1#10.140)
pixels