Peringatan HUT RI di Sungai Brantas bawa pesan lingkungan

Jum'at, 16 Agustus 2013 - 15:38 WIB
Peringatan HUT RI di Sungai Brantas bawa pesan lingkungan
Peringatan HUT RI di Sungai Brantas bawa pesan lingkungan
A A A
Sindonews.com - Beragam dilakukan untuk memperingati HUT RI ke-68. Seperti dilakukan kelompok seniman dan pegiat lingkungan di Malang. Mereka berencana menggelar upacara di tepi Sungai Brantas yang menjadi penopang kehidupan masyarakat Jawa Timur.

Setelah upacara peringatan kemerdekaan, masing-masing kelompok akan menampilkan performa mereka seperti bermain musik yang bertemakan lingkungan. Selain itu, mereka juga akan menebar 20 ribu benih ikan endemik di Sungai Brantas, Dusun Klerek, Kota Batu.

"Benih ikan bantuan dari Perum Jasa Tirta I, seperti ikan kotes, tapel watu, uceng, sengkaring," kata Ugik Arbanat, koordinator acara, kepada wartawan, Jumat (16/8/2013).

Selain peringatan HUT kemerdekaan RI, upacara itu juga sebagai bentuk keprihatinan mereka terhadap lingkungan. Terutama, terhadap kelestarian ekosistem di Sungai Brantas.

Ugik menilai, keseimbangan ekosistem Sungai Brantas tidak seperti dulu lagi. Untuk itu dia mengimbau, masyarakat agar tidak mencari ikan di Sungai Brantas dengan cara memberi potas atau jala. Tetapi dengan menggunakan pancing.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8132 seconds (0.1#10.140)