HUT RI, pendaki Semeru nekat ajak anak-anak

Jum'at, 16 Agustus 2013 - 14:25 WIB
HUT RI, pendaki Semeru...
HUT RI, pendaki Semeru nekat ajak anak-anak
A A A
Sindonews.com - Sejumlah pendaki anak-anak nekad ikut orang tuanya mendaki Gunung Semeru, pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-68. Padahal, pihak Balai Besar Taman Nasional BromoTengger Semeru (BB TNBTS) melarang anak di bawah 10 tahun mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa ini.

Kepala BB TNBTS Ayu Dewi Utari mengungkapkan, hasil pemantauan langsung di pos perizinan pendakian di Ranupane, ditemukan sejumlah anak-anak usia 6 bulan, 4, 6, sampai 7 dan 8 tahun.

"Langsung saya tegur dan tidak diperbolehkan naik," kata Ayu Dewi Utari, kepada wartawan, Jumat (16/8/2013).

Meski demikian, masih saja ada orang tua yang masih bandel dan tetap naik dengan cara sembunyi-sembunyi. Dia juga sudah mengingatkan jika suhu udara di kawasan Semeru sedang dingin-dinginnya, antara -5 hingga -10 derajat celcius.

"Di kawasan Ranuregulo yang masih di kawasan Ranupane saja Selasa kemarin airnya membeku," terangnya.

Pihak TNBTS juga mengingatkan kepada semua pendaki yang ingin merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-68 di Semeru untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan dan membuat api unggun, dan apinya tidak dimatikan. Sebab, di musim kemarau ini, kawasan TNBTS rawan terjadi kebakaran.

Hingga kini, kebakaran sudah terjadi di kawasan Gunung Bromo, seluas 10 hektare. Tercatat, sebanyak tiga ribu lebih pendaki dari berbagai penjuru Indonesia dan empat pendaki asing asal Belgia turut mendaki Semeru pada momen perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 68.

Sedikitnya, 30 petugas keamanan gabungan diterjunkan ke lapangan untuk mengamankan pendakian ini.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9472 seconds (0.1#10.140)