Pedagang mobil resahkan pedagang Pasar Klewer

Jum'at, 16 Agustus 2013 - 10:31 WIB
Pedagang mobil resahkan pedagang Pasar Klewer
Pedagang mobil resahkan pedagang Pasar Klewer
A A A
Sindonews.com - Keberadaan pedagang bermobil yang masih berjualan di kawasan Alun-alun Utara, Kraton Kasunanan Surakarta, membuat sejumlah pedagang Pasar Klewer resah.

Mereka pun berharap Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) segera mengambil langkah jitu dengan merelokasi keberadaan mereka dari Alun-alun Utara ke Pasar Pucangsawit. Perlu diketahui, sejumlah pedagang Klewer merasa dirugikan, pasalnya keberadaan pedagang bermobil membuat omzet mereka menurun.

"Waktu itu DPP sudah berjanji akan memindahkan mereka setelah lebaran. Saya harap DPP tegas dan konsisten dengan janji tersebut. Sejauh ini saya amati, belum nampak sikap tegas dari DPP, maupun dinas terkait," ungkap Pejabat Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), Kusbani, kepada wartawan, di Pasar Klewer, Jumat (16/8/2013).

Ia menjelaskan, keberadaan pedagang bermobil sudah ada sejak beberapa tahun ini. Dan selama itu pula, pihaknya belum melihat sikap ketegasan dari Pemerintah Kota (Pemkot) dalam hal ini dinas terkait baik itu DPP maupun Satpol PP.

"Ini sudah ada Perda yang mengatur, jadi penanganannya harusnya lebih tegas dan tidak setengah-setengah," terangnya.

Ia melanjutkan, jika situasi ini terus terjadi, pihaknya kawatir tingkat kepercayaan pedagang terhadap kinerja DPP dan Satpol PP bisa turun. Terlebih saat ini kesan yang melekat, dinas terkait dinilai kurang tegas dalam menangani mereka.

"Jangan sampai kepercayaan ini menurun. Dinas terkait harus lebih serius dalam menangani mereka," katanya.

Sementara itu, Kepala DPP, Subagyo, menjelaskan, pihaknya tidak akan merelokasi pedagang bermobil ke Pasar Pucangsawit. Ia mengatakan, nantinya DPP hanya menyediakan tempat di Pasar Pucangsawit sebagai lokasi berjualan pedagang bermobil.

"Sekali lagi kami sampaikan di sana (kawasan Alun-alun Utara) adalah kawasan terlarang berjualan. Maka tidak boleh ada aktivitas jual-beli di sana. Dan kami bukan berencana merelokasi mereka ke Pasar Pucangsawit melainkan hanya menyediakan tempat berjualan disana," jelasnya.

Disinggung mengenai sikap DPP yang kurang tegas, Subagyo menampik hal itu. Menurutnya, pihak DPP sudah melakukan upaya, berupa sosialisasi dan pendekatan. Pihaknya lebih mengutamakan cara persuasif, dan bukan dengan cara-cara represif.

"Kami sudah berkomunikasi dengan pedagang bermobil untuk pindah berjualan di Pasar Pucangsawit. Namun kalau tetap nekat, ya biar Satpol PP yang menindaknya," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator pedagang bermobil, Abdul Ghofur, menerangkan pihaknya sampai saat ini belum terpikir untuk pindah. Menurutnya lokasi pasar Pucangsawit belum siap untuk ditempati pedagang. "Tempatnya saja belum siap, mana mungkin kami akan pindah kesana," katanya singkat.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4466 seconds (0.1#10.140)