Lebaran, sampah di Karawang 525 ton perhari

Kamis, 15 Agustus 2013 - 16:03 WIB
Lebaran, sampah di Karawang 525 ton perhari
Lebaran, sampah di Karawang 525 ton perhari
A A A
Sindonews.com - Volume sampah pada saat pra dan pasca Lebaran di Karawang meningkat 15 persen. Hal tersebut diungkapkan Kabid Kebersihan Dinas Ciptakarya Kabupaten Karawang, Ridwan Salam.

Dikatakannya, kenaikan tersebut diakibatkan oleh banyaknya sampah rumah tangga dan toko-toko. Pasalnya, konsumsi masyarakat pada momen tersebut dinilai sangat tinggi.

"Dari biasanya 480 ton sampah perhari pada pra dan pasca Lebaran sampah menjadi 525 ton sampah perhari," ujarnya, Kamis (15/8/2013).

Kenaikan sampah terjadi pada H-7 tersebut diperkirakan berlangsung hingga H+7. Atas kondisi tersebut, pihaknya berinisiatif melakukan pengintensifan jam kerja petugas kebersihan dengan menambah jam kerja.

"319 personel yang terdiri dari penyapu, pemuat, sopir dan pengawas lapangan kami terjunkan selama seminggu sebelum dan sesudah Lebaran," terangnya.

Dikatakan pengawasan ketat pun dilakukan di beberapa titik terjadinya penumpukan sampah seperti di pemukiman warga, pasar dan perumahan.

Bahkan, Ridwan mengaku kerap melakukan program pembinaan kepada masyarakat terkait penerapan bahwa permasalahan sampah adalah permasalahan bersama. Hal tersebut dilakukan guna merubah pola pikir masyarakat yang selalu menggantungkan masalah sampah kepada pemerintah.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6112 seconds (0.1#10.140)