Parade seni & budaya OPM dibubarkan, 90 orang ditangkap

Rabu, 14 Agustus 2013 - 20:52 WIB
Parade seni & budaya OPM dibubarkan, 90 orang ditangkap
Parade seni & budaya OPM dibubarkan, 90 orang ditangkap
A A A
Sindonews.com - Aparat gabungan TNI dan Polri membubarkan persiapan acara parade seni dan budaya Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Sembilan puluh orang warga ditangkap dan diperiksa, di Polres Fakfak selama kurang lebih lima jam.

Kesembilan puluh orang itu merupakan anggota dan simpatisan KNPB. Mereka diamankan di sekitar workshop, Jalan Raya Fakfak Kokas, Fakfak, Papua Barat, ketika sedang mempersiapkan acara parade seni dan budaya.

Acara parade seni dan budaya tersebut, rencananya diadakan, pada Kamis 15 Agustus 2013, dalam rangka menyambut rencana persemian kantor Organisani Papua Merdeka (OPM) di negeri Belanda.

Kesembilan puluh orang itu, terdiri atas 34 pria, 21 perempuan, dan 35 anak-anak. Mereka langsung diamankan, dan diperiksa selama kurang lebih lima jam, di Aula Anton Sudjarwo Polres Fakfak, Papua Barat.

Setelah pemeriksaan, 89 orang kemudian dikembalikan ke kampung mereka dengan dikawal satu truk anggota Dalmas Polres Fakfak. Sedangkan seorang lainnya yang diduga sebagai koordinator, kini masih menjalani pemeriksaan.

Sementara itu, Kapolres Fakfak AKBP Muhammad Yusuf Arnodus Koco mengatakan, sebelumnya ketua KNPB telah mengajukan surat permohonan menggelar acara ke pihak kepolisian. Namun karena KNPB merupakan organisasi ilegal yang tidak terdaftar pada pemerintah daerah, maka kegiatan mereka tidak diijinkan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4401 seconds (0.1#10.140)