Tabrak sapi, Lion Air tergelincir di Gorontalo

Rabu, 07 Agustus 2013 - 13:28 WIB
Tabrak sapi, Lion Air tergelincir di Gorontalo
Tabrak sapi, Lion Air tergelincir di Gorontalo
A A A
Sindonews.com - Pesawat Lion Air, Boeing 737-800 dengan nomor penerbangan JT 892, tergelincir keluar landasan Bandara Jalaludin, Gorontalo, Sulawesi Utara. Pesawat tergelincir setelah menghindari sapi yang berada di landasan pacu atau run way.

Insiden aneh ini terjadi sekira pukul 21.13 Wita, Selasa 6 Agustus kemarin malam. Akibat keluar landasan, kondisi roda pesawat amblas ke dalam tanah.

Menurut keterangan pilot Lion Air, Iwan Primadi, saat akan mendaratkan pesawat dengan jurusan Jakarta-Makassar-Gorontalo ini cuaca serta pesawat dalam keadaan baik. Namun tiba-tiba dia melihat tiga ekor sapi berada di landasan pacu.

Iwan mengaku tak bisa menghindari insiden tersebut. Pesawat yang masih berada dalam kecepatan 120 knot tak bisa menghindari sapi secara keseluruhan. Pesawat menyeret satu ekor sapi dengan roda bagian belakang sebelah kiri.

"Pesawat masih sempat terkontrol, namun saat memasuki ujung landasan langsung tergelincir keluar," kata Iwan.

Beruntung insiden ini tidak menimbulkan korban jiwa. Sebanyak 110 penumpang Lio Air selamat, meski harus dievakuasi ke terminal kedatangan. Hingga siang ini pesawat Lion Air belum dievakuasi dari ujung landasan, karena masih menunggu teknisi dari Makassar.

Informasi yang diperoleh dari otoritas bandara, Bandara Jalaludin ditutup untuk sementara. Karena posisi pesawat yang tergelincir di bagian kiri landasan, menyisakan sayap kanan pesawat yang membentang di landasan. Posisi ini tidak memungkinkan bagi pesawat lain untuk take off dan landing di Bandara Jalaludin.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8131 seconds (0.1#10.140)