Tes urine, pilot Garuda terindikasi gunakan narkoba

Senin, 05 Agustus 2013 - 14:48 WIB
Tes urine, pilot Garuda terindikasi gunakan narkoba
Tes urine, pilot Garuda terindikasi gunakan narkoba
A A A
Sindonews.com - Satu orang pilot Garuda terindikasi menggunakan narkoba. Hal itu diketahui saat dilakukan tes urine oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bagi pilot dan co pilot, menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2013.

Ketua BNNP Sulsel, Richard M Nainggolan menuturkan, satu orang pilot yang terindikasi tersebut belum positif dan akan dilakukan pemeriksaan mendalam.

"Dia belum positif, tapi terindikasi, kalau nanti dalam pemeriksaan mendalam dia terbukti, maka akan ada sanksi. Yang bersangkutan diharuskan untuk kembali menjalani tes pada kota tujuannya," ungkapnya, Senin (5/8/2013).

Pada pemeriksaan kali ini, sekira 20 orang pilot dan co pilot yang urinenya diambil. Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan atau hal buruk lainnya khususnya untuk keselamatan para penumpang yang disebabkan pemakaian narkotika dan sejenisnya.

Menurut Kasi Peran Serta Masyarakat, BNNP Sulsel, dr Neni, kegiatan ini merupakan langkah preventif untuk mendukung keselamatan transportasi khususnya selama arus mudik dan arus balik Lebaran. Khusus untuk bandara, setiap maskapai diperiksa.

"Ada sekira 10 orang pilot dan 10 co pilot telah kami periksa. Kami hanya fokus pada pilot dan co pilot," ungkapnya kepada wartawan.

Pada pemeriksaan urine untuk pilot dan co pilot, tim BNNP Sulsel dibagi atas empat tim. Neny menjelaskan, seluruh maskapai yang diperiksa yakni Garuda, Lion, Sriwijaya, Merpati, Trans Nusa, Wings Air, Ekspres.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8058 seconds (0.1#10.140)