Sekdes terlibat penyelundupan Imigran ke Australia ditangkap

Kamis, 01 Agustus 2013 - 14:20 WIB
Sekdes terlibat penyelundupan Imigran ke Australia ditangkap
Sekdes terlibat penyelundupan Imigran ke Australia ditangkap
A A A
Sindonews.com - Seorang Sekretaris Desa di Kabupaten Malang, Jawa Timur, diamankan Unit Reskrim Polres Malang, karena terlibat penyelundupan ratusan imigran ke Australia. Untuk membongkar jaringan ini, tersangka kini harus mendekam di jeruji besi Mapolres Malang.

Sekretaris Desa tersebut adalah Dwi Pamirso (46), warga Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Pada tahun 2012 lalu, ia menyediakan akses masuk desa, sebagai jalan menyelundupkan ratusan imigran asal Afganistan, Iran, Uzbekistan dan negara timur tegah lainnya.

"Saya bertugas membuka akses jalan menuju pantai dan bertugas memindahkan imigran dari truk asal luar kota ke kapal nelayan. Saya baru melakukan aksi ini sebanyak empat kali. Saya mendapat imbalan Rp46 juta," jelas Dwi Pamirso, saat diperiksa di Mapolres Malang, Kamis (1/8/2013).

Sementara itu, menurut Wakapolres Malang, Kompol Pranatal Hutajulu, tersangka ditangkap di sebuah penginapan di Kota Jember, usai buron selama delapan bulan dan sempat bersembunyi di dalam hutan.

"Ia, dia kami tangkap di Jember. Saat ini kami masih memburu tersangka lain untuk membongkar jaringan penyelundupan ini," jelas Kompol Pranatal Hutajulu.

Menurutnya, kini Dwi harus mendekam di jeruji Mapolres Malang dengan ancaman Pasal 120 Undang-undang Ketenagakerjaan, dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6695 seconds (0.1#10.140)