117 CHJ Bone batal berangkat ke tanah suci

Sabtu, 20 Juli 2013 - 04:49 WIB
117 CHJ Bone batal berangkat ke tanah suci
117 CHJ Bone batal berangkat ke tanah suci
A A A
Sindonews.com - Hanya 117 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Bone batal berangkat ke Tanah Suci pada musim haji tahun 2013.
Ini merupakan dampak kebijakan pengurangan kuota 20 persen dari Pemerintah Arab Saudi.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone, H Rusli mengatakan, kuota haji pada tahun 2013 untuk Kabupaten Bone totalnya 745 orang.

Namun, 117 calon haji di antaranya batal berangkat akibat pengurangan kuota. Mereka juga belum melunasi Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH) hingga batas waktu yang ditentukan dan sisa kuota tersebut diserahkan ke pusat.

"Pihak kantor wilayah Kemenag Sulsel mengeluarkan surat edaran yang menyatakan bahwa jatah kuota calon haji mengalami pemangkasan 20 persen," ujar H Rusli kepada Koran SINDO Makassar, Jumat, (19/7/2013).

Ia menegaskan, calon haji yang terkena imbas dari kebijakan pemerintah Arab Saudi yang memangkas kuota 20 persen tersebut, dapat dipastikan masuk dalam daftar tunggu keberangkatan musim haji tahun 2014.

"Sebagai kompensasinya, pemerintah dalam hal ini pihak Kemenag akan menanggung biaya tambahan jika terjadi kenaikan BPIH tahun depan dan sebaliknya apabila BPIH turun, maka kelebihan uang akan dikembalikan," paparnya.

Sementara itu, salah seorang Jasa swasta Pemberangkatan Ibadah Haji (PIH), H Zainal Arifin mengatakan jika dalam kuotanya tidak ada satupun yang tertunda jamaah hajinya yang berangkat melalui Kementerian Agama (Kemenang) Kabupaten Bone. Seluruhnya berangkat sesuai dengan rencana pemerintah yang dijadwalkan pada gelombang pertama 8 September mendatang
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8284 seconds (0.1#10.140)