Banjir rendam Kendari dan Konawe Selatan

Selasa, 16 Juli 2013 - 14:06 WIB
Banjir rendam Kendari dan Konawe Selatan
Banjir rendam Kendari dan Konawe Selatan
A A A
Sindonews.com - Banjir menggenangi Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Hal itu terjadi setelah hujan deras mengguyur dua wilayah tersebut sejak Senin (15/7) kemarin, hingga akhirnya menyebabkan sungai - sungai meluap.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir di Kota Kendari terjadi akibat 13 sungai meluap, sehingga 10 kecamatan terendam banjir.

"10 Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Puasiah, Aveli, Kambu, Baruga, Uwa-Uwa, Kadia, Mandonga, Puwatu, Kendari Barat, dan Kendari," jelas Kepala Pusat Data dan Informasi Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan resminya kepada Sindonews, Selasa (16/7/2013).

Sementara banjir di Kabupaten Konawe Selatan, terjadi di Desa Laya dan Desa Ambesea, Kelurahan Ambolodangge, Kecamatan Laya pada Selasa (16/7) pukul 03.00 Wita.

"Banjir terjadi karena meluapnya Sungai Laya dan Sungai Eosole. 237 Rumah terendam banjir di Desa Laya dan 113 rumah di Desa Ambesea. 57 KK mengungsi di Desa Ambesea," jelas Sutopo.

Menurutnya, di Kabupaten Konawe Selatan, tinggi banjir mencapai tiga meter di Desa Lata dan 1,5 meter di Desa Ambesea.

"Kerugian antara lain Pasar Ambesea terendam, 1 jembatan Kali Laya putus, 1 jembatan di Kelurahan Ambolodangge hanyut, delapan rumah hanyut," tutup Sutopo.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8884 seconds (0.1#10.140)