Ini dia 8 fokus RPJMD Pemprov Jabar 2014

Senin, 15 Juli 2013 - 14:00 WIB
Ini dia 8 fokus RPJMD Pemprov Jabar 2014
Ini dia 8 fokus RPJMD Pemprov Jabar 2014
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014. Sedikitnya ada delapan fokus yang masuk dalam RPJMD, dan akan dikerjakan.

"Titik berat pembangunan itu ada delapan," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), di Kantor Bappeda Jawa barat, Kota Bandung, Senin (15/7/2013).

Pertama, terkait pendidikan. Pemprov Jawa Barat akan menggratiskan pendidikan, mulai tingkat SD dan SMP. Kini, sudah digratiskan. Tapi untuk tingkat SMA akan diupayakan gratis secara bertahap mulai tahun ini. "Insya Allah, 2014 lebih dimantapkan lagi," ungkapnya.

Dia melanjutkan, targetnya pada tahun depan, semua sekolah dari tingkat SD hingga SMA di Jabar akan gratis. Fokus kedua adalah kesehatan. Pelayanan kesehatan jadi salah satu hal utama yang akan dijalankan. Ketiga, pembangunan infrastruktur.

"Kita akan semakin memantapkan jalan, dan jembatan milik provinsi. Kita juga akan mendorong kabupaten/kota agar jalan dan jembatannya lebih mantap lagi," terangnya.

Fokus keempat adalah pembangunan ekonomi pertanian. Pemprov ingin mempertahankan diri, sebagai salah satu pusat pertanian di Indonesia. "Di saat yang bersamaan, kita ingin meningkatkan kesejahteraan petani," tutur Aher.

Sementara fokus lainnya dalam RPJMD, adalah pembangunan ekonomi non pertanian, lingkungan, dan sosial budaya. "Terakhir adalah ketahanan keluarga, tujuannya agar generasi muda bisa terhindar dari hal-hal negatif," tandasnya.

Dengan berbagai fokus tersebut, Jawa Barat diharapkan semakin maju. Segala kekurangan yang ada bisa diperbaiki. Sedangkan hal yang selama ini sudah baik diharapkan bisa meningkat.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8197 seconds (0.1#10.140)