Sleman kekurangan guru SD

Senin, 15 Juli 2013 - 03:51 WIB
Sleman kekurangan guru SD
Sleman kekurangan guru SD
A A A
Sindonews.com - Pemerintah kabupatan (Pemkab) Sleman hingga saat ini masih kekurangan ratusan guru kelas sekolah dasar (SD).

Data Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat, jumlah SD di Sleman ada 506, terdiri dari 387 SD negeri dan 119 SD swasta. Dari jumlah tersebut, khususnya untuk SD negeri rata-rata kekurangan satu guru kelas.

Kepala Disdikpora Sleman Arif Haryono mengatakan untuk guru, yang menjadi permasalahan adalah untuk guru kelas SD, sebab hingga sekarang untuk guru SD masih kekurangan, yakni mencapai 423 guru. Sedangkan untuk guru di tingkat SMP, SMA maupun SMK sudah mencukupi.

“Walau kurang, namun kami tidak bisa menambah, sebab untuk penambahan harus mengikuti aturan yang ada,” kata Arif, Minggu (14/7/2013).

Arif menjelaskan, karena di Sleman tidak ada kebijakan guru rangkap, sebab semua sekolah masuk pagi, maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan kebijakan mengangkat guru honorer atau guru tidak tetap (GTT) di sekolah yang kekurangan guru kelas itu.

“Langkah ini, sementara yang bisa kami lakukan,” paparnya.

Selain guru kelas, untuk posisi kepala sekolah, dipastikan akan berkurang. Ini lantaran akan ada beberapa kepala sekolah yang akan pensiun. Hanya saja, untuk kepala sekolah tidak menjadi masalah, sebab sebelum ada kepala sekolah definitif, bisa mengangkat pelaksana tugas (Plt).

Apalagi untuk kepala sekolah ini, bukan jabatan strukrural, namun guru yang diberitambahan tugas. Sehingga masih ada kewajiban mengajar.

“Kalau untuk kepala sekolah sampai Juli belum ada kekurangan, namun baru Agustus ada kekurangan, sebab akan ada yang pensiun,” jelasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6328 seconds (0.1#10.140)