Terima BLSM, warga diwajibkan bawa pisang & kelapa

Jum'at, 12 Juli 2013 - 14:04 WIB
Terima BLSM, warga diwajibkan...
Terima BLSM, warga diwajibkan bawa pisang & kelapa
A A A
Sindonews.com - Ada yang unik dari pembagian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Para penerima BLSM, diwajibkan membawa tunas kelapa dan tunas pisang. Sontak hal tersebutpun sempat mendapatkan protes dari warga. Namun karena itu merupakan perintah camat, sehingga para wargapun tak kuasa menolaknya.

Menurut Camat Miomaffo Timur, Marjo Talan, aturan itu dibuatnya karena ingin menciptakan keseimbangan antara hak dan kewajiban, selain itu sebagai bentuk konservasi lingkungan.

"Jadi memang kita sudah tekankan setiap warga wajib membawa anakan, kita akan tanam sebab tiga dari empat persen wilayah Miomaffo Timur adalah pegunungan sehingga kita lakukan itu sebagai penangkal daerah tangkapan air." terang, Talan, di Kefamenanu, Jumat, (12/7/2013).

Talan Menjelaskan, bila setiap kepala keluarga yang membawa anakan pisang dan anakan kelapa berjumlah 1.036 sesuai data penerima BLSM dari 11 desa kelurahan di wilayah Kecamatan Miomafo Timur, maka dipastikan upaya upaya konservasi alam bisa bermanfaat.

Sementara itu, di halaman Kantor Camat Miomafo Timur, sebagian warga diantaranya terlihat sedang meratakan tumpukan tanah, bersama membangun pagar pembatas di depan kantor kecamatan Miomaffot Timur.

Sesuai rencana, seusai mengerjakan semua itu maka dana BLSM sudah bisa direalisasikan melalui petugas Pos Kefamenanu kepada ribuan warga miskin di wilayah tersebut.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0711 seconds (0.1#10.140)