Ratusan hektare kebun pisang warga di Malang rusak

Rabu, 10 Juli 2013 - 15:09 WIB
Ratusan hektare kebun pisang warga di Malang rusak
Ratusan hektare kebun pisang warga di Malang rusak
A A A
Sindonews.com - Selain merusak infrastruktur dan bangunan rumah, serta pasar, banjir bandang yang terjadi di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, juga menghancurkan perkebunan pisang dan ratusan hektare sawah yang sudah ditanami padi.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malang, menyebutkan kerusakan Sarana Prasarana (Sarpas) terparah meliputi jalan dan irigasi, serta drainase di depan pasar.

Kabid Tanggap Darurat Bencana dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Bagyo Setyono, menyatakan kerusakan jalan dan irigasi mencapai 1000 meter. "Sawah rusak berat mencapai 166 hektare, dan perkebunan pisang seluas 145 hektare hancur," kata Bagyo, kepada wartawan, Rabu (10/9/2013).

Menurutnya, kebun pisang di Daerah Aliran Brantas (DAS) juga rusak berat, seluas mencapai 48 hektar. Sedangkan total hewan ternak yang hanyut masih didata petugas.

Bagyo menambahkan, untuk mengantisipasi banjir susulan, kebutuhan utama logistik saat ini berupa karung glasi, dan kawat bronjong untuk penahan banjir susulan. "Kebutuhan pangan dan sembako serta air bersih juga penting," terangnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7795 seconds (0.1#10.140)