Syahrul ajukan pemanfaatan sempadan

Selasa, 09 Juli 2013 - 15:54 WIB
Syahrul ajukan pemanfaatan sempadan
Syahrul ajukan pemanfaatan sempadan
A A A
Sindonews.com - Dalam rangka percepatan realisasi proyek kereta api trans Sulawesi, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengusulkan penggunaan sempadan pantai dan sempadan sungai untuk pembangunan jaringan kereta api.

Hal itu dilakukan karena masalah pembebasan lahan di sulsel selalu mnejadi kendala utama. Karena itu dengan pemanfaatan sempadan yang merupakan tanah negara, maka pemerintah tidak akan lagi menemukan kesulitan pengadaan lahan bagi proyek transportasi tersebut.

“Jangan kita bersoal dengan tanah, karena ini yang paling sulit di Sulsel. Masyarakat baru mendengar ada proyek pembangunan harga tanah sudah sangat melambung,” ungkap Syahrul kepada Koran SINDO di gedung DPRD Sulsel, Selasa (9/7/2013).

Pemanfaatan sempadan kata Syahrul tidak akan melanggar undang-undang dan tidak menabrak peraturan tata ruang. Yang salah lanjut dia, jika sempadan justru berbasis privat oriented.

Karena itu, jika penggunaan sempadan dilakukan, maka batas kea rah garis pantai atau garis sungai akan dimundurkan.

Karena itu, pihaknya akan meminta dukungan ke DPRD Sulsel. Ketua IKA Fakultas Hukum Unhas ini yakin, jika rencana tersebut terealisasi, maka peletakan batu pertama trans Sulawesi akan dilakukan tahun ini.

“Kalau jaringan selesai, maka yakin saja akan banyak investor yang berlomba untuk menanamkan investasinya dalam pengembangan kereta api,”katanya.

Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Sulsel Affandy Agusman Aris mengatakan, perencanaan penggunaans empadan pantai dan sungai dinilai menjadi alternative strategis yang bisa dilakukan pemerintah. Apalagi pemanfaatan serupa sudah diterapkan di provinsi Bali.

“Dibali itu pembangunan jalan tolnya dengan memanfaatkan sempadan. Saya kira ini akan bagus terutama dari segi efiensi biaya pembebasan lahan,”katanya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5029 seconds (0.1#10.140)