PT Kesehatan wajib tingkatkan mutu

Sabtu, 06 Juli 2013 - 09:14 WIB
PT Kesehatan wajib tingkatkan mutu
PT Kesehatan wajib tingkatkan mutu
A A A
Sindonews.com - Di tengah makin banyaknya perubahan baik sosial maupun ekonomi menjadikan tantangan tersendiri bagi tenaga pendidikan, tak terkecuali tenaga pendidikan kesehatan.

Sejumlah persoalan mulai bermunculan, dari kebutuhan tenaga kesehatan pada tingkat lokal maupun global, disaparitas kualitas institusi sampai keberadaan penyakit yang semakin langka.

"Perkembangan ekonomi dan sosial dari waktu ke waktu menyebabkan banyak perubahan di masyarakat. Dampak perubahan yang ada menuntut munculnya tantangan baru bagi tenaga kesehatan. Oleh karena itu, untuk menghadapi tantangan tersebut setiap perguruan tinggi kesehatan harus meningkatkan mutu pendidikannya," ujar Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Djoko Santoso Jumat (5/7/2013,) di kampus STIKES Aisiyah Yogyakarta.

Namun demikian, menurut Djoko, untuk meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan tidak bisa dilakukan secara instan karena ada alurnya. Dua lembaga pendidikan kesehatan yakni lembaga akreditasi dan lembaga pengembangan uji kompetensi (LPUK) dikatakannya memiliki andil besar dalam meningkatkan mutu.

"Lembaga akreditasi memiliki peran dalam penentu mutu institusi, sedangkan LPUK berpedan dalam menentukan mutu lulusan. Dalam hal ini, penjaminan mutu dalam sistem pendidikan memiliki andil besar terhadap sistem pelayanan masyarakat yang akan dihasilkan. Dengan kualitas sistem belajar yang baik, tentu akan berdampak pada lulusan dan kualitas pelayanan yang dihasilkan," jelasnya.

Di sisi lain, untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi kesehatan, Djoko mengatakan, pemerintah telah memberikan dukungan penuh. Salah satunya dengan melalui dana bantuan operasional perguruan tinggi. Pemerintah telah mengalokasikan paling sedikit 30 persen dari dana untuk penelitian di PTN maupun PTS.

"Penelitian memiliki peran yang cukup penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kualitas penelitian adalah cerminan dari kualitas perguruan tinggi. Agar menjadi pendidikan yang unggul dalam bidang kesehatan, sangat perlu adanya perencanaan (road map) penelitian yang strategis, komprehensif dan terarah dalam skala nasional," imbuhnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5315 seconds (0.1#10.140)