Gempa Aceh bisa picu gempa di Sumbar

Jum'at, 05 Juli 2013 - 20:15 WIB
Gempa Aceh bisa picu gempa di Sumbar
Gempa Aceh bisa picu gempa di Sumbar
A A A
Sindonews.com - Gempa berkekuatan 6,2 skala richter yang mengguncang Bener Meriah dan Aceh Tengah Selasa 2 Juli lalu, bisa memicu gempa dua segmen patahan Sumatera, terutama di empat segmen yang berada di Sumatera Barat.

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumatera Barat Ade Edwar mengatakan, segmen patahan yang ada di Sumbar itu adalah segmen Sumpur di Kabupaten Pasaman, segmen Sianok di Kabupaten Agam sampai Danau Singkarak di Kabupaten Tanah Datar, Segmen Sumani di Kabupaten Solok, dan Segmen Suliti di Kabupaten Solok Selatan.

"Dari empat segmen itu, segmen Suliti dan Sumpur patut diwaspadai, sebab sudah 150 tahun segmen ini tidak bergerak, sementara segmen Sianok begerak tahun 2013 dan Sumani itu sudah bergerak pada tahun 2007 dengan kekuatan 6,4 SR itu sudah meluluhlantakkan Solok ," ujar Ade, Jumat (5/7/2013)

Kata Ade, segmen Suliti ini mengarah ke daerah Alahan Panjang, Surian sampai Muara Labuh. Sementara untuk segmen Sumpur jalurnya Bukittinggi, Lubuk Sikaping, Panti dan Rao-Rao.

"Setiap tahun segmen itu bergeser 23 milimeter atau 2,3 meter per seratus tahun, itu besar rengkahanya, gempa terkahir di daerah Sumpur ada 7,4 SR itu menghancurkan Sumbar," ujarnya.

Menurut Ade, jalur gempa Aceh itu sama dengan jalur yang ada di Sumbar, itu makanya berpengaruh.

"Saat ini yang dibutuhkan adalah kesiapsiagaan masyarakat begitu datang gempa langsung keluar rumah, begitu juga kita tidak tahu kapan datangnya gempa itu yang penting waspada, tak hanya itu dikawasan longsor juga perlu waspada," ujarnya.

Tambah Ade sifat gempa di patahan Sumatera adalah pergeseran lempeng secara mendatar, bergetar menghentak, tapi tak terlalu lama.

"Sifat itu lebih merusak dibading dengan gempa subduksi atau tabrakan lempeng samudera," pungkasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.4286 seconds (0.1#10.140)