SD Kanisius Kadirojo raih Adiwiyata Mandiri

Jum'at, 05 Juli 2013 - 19:11 WIB
SD Kanisius Kadirojo raih Adiwiyata Mandiri
SD Kanisius Kadirojo raih Adiwiyata Mandiri
A A A
Sindonews.com - Sebagai sekolah swasta, SD Kanisius Kadirojo tergolong sekolah berprestasi.
Tepat 10 Juni 2013 lalu, sekolah ini meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Penghargaan tersebut diberikan karena SD Kanisius Kadirojo berhasil membina 15 sekolah negeri maupun swasta untuk menjadi sekolah Adiwiyata.

"Kami sejak awal memang berkomitmen untuk mengajarkan pendidikan tentang lingkungan hidup pada anak didik kami, bahkan sudah kami jadikan mata pelajatan muatan lokal kedua selama dua jam pelajaran tiap minggunya. Tujuan kami ialah ingin mengubah perilaku anak dari tidak peduli menjadi peduli dan melestarikan lingkungan. Sikap ini nanti kami harapkan menjadi karakter anak dari acuh pada orang lain menjadi bisa lebih menghargai," ujar Kepala Sekolah SD Kanisius Kadirojo Th Supartinah Jumat (5/7/2013).

Dijelaskan Supartinah, sebelum meraih Adiwiyata Mandiri, sekolah yang dipimpinnya tersebut telah lebih dulu meraih Adiwiyata tingkat kabupatenm provinsi dan nasional. Setelah itu, pihaknya berupaya menularkan konsep pelestarian lingkungan tersebut pada sekolah lain untuk meraih Adiwiyata Mandiri.

"Syarat memperoleh Adiwiyata Mandiri ialah bila sekolah peraih Adiwiyata tingkat nasional bisa membina minimal 10 sekolah lain untuk menjadi sekolah Adiwiyata. Dan kami tahun ini berhasil melakukannya dan menjadi satu dari empat sekolah di DIY yang mendapat penghargaan ini," tuturnya.

Tak hanya sekolahnya saja, Supartinah sendiri menerima penghargaan dari Bupati Sleman pada 3 Juli 2013 lalu sebagai pelestari lingkungan yang mampu berperan menggerakkan sekolah untuk meningkatkan upaya pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Sleman.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.5885 seconds (0.1#10.140)