KPU siapkan 457 TPS Pilkada Enrekang

Kamis, 04 Juli 2013 - 02:15 WIB
KPU siapkan 457 TPS Pilkada Enrekang
KPU siapkan 457 TPS Pilkada Enrekang
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Enrekang menyiapkan 457 tempat pemungutan suara (TPS) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) kabupaten Enrekang yang akan digelar Agustus 2013 mendatang.

“Ada 457 TPS yang kami siapkan dalam pilkada Enrekang tahun ini. Ratusan TPS itu tersebar di setiap desa di 12 kecamatan dalam wilayah kabupaten Enrekang,” ujar komisioner KPU Enrekang, Rahmawati Karim kemarin.

Dia mengatakan, jumlah TPS di pilkada Enrekang, Agustus mendatang lebih banyak dibanding jumlah TPS di pemilihan gubernur Sulsel, Januari lalu yang berjumlah 447 TPS atau bertambah 10 TPS.

Penambahan TPS tersebut disebabkan faktor geografis wilayah kabupaten Enrekang yang sebagian besar berupa perbukitan dan pegunungan.

Pengalaman lalu, ada beberapa daerah yang masyarakatnya harus menempuh perjalanan jauh dengan berjalan kaki berjam-jam untuk menuju lokasi TPS.

“Penambahan TPS di Pilkada Enrekang semata-mata bertujuan untuk lebih mendekatkan pemilih dengan lokasi TPS,” katanya.

Meski ada penambahan TPS di pilkada Enrekang, KPU Enrekang tidak menyiapkan TPS khusus baik di rumah tahanan (rutan) maupun di rumah sakit.

Pasalnya, ada TPS yang lokasinya sangat dekat dengan rutan dan rumah sakit. Dengan begitu, penghuni rutan maupun pasien rumah sakit yang punya hak pilih bisa memberikan hak pilihnya di TPS terdekat.

Dia pun menghimbau kepada seluruh masyarakat Enrekang yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) pilkada Enrekang dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik untuk memilih calon bupati dan wakil bupati.

Jumlah DPT Pilkada Enrekang sebanyak 147.380 pemilih terdiri dari 74.928 pemilih laki-laki dan 72.452 pemilih perempuan.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4115 seconds (0.1#10.140)