Buat hujan buatan, 6 ton garam ditebar

Rabu, 26 Juni 2013 - 14:37 WIB
Buat hujan buatan, 6 ton garam ditebar
Buat hujan buatan, 6 ton garam ditebar
A A A
Sindonews.com - Usaha membuat hujan buatan dengan melakukan modifikasi cuaca, di Riau, terus dilakukan. Hari ini, rencananya enam ton garam akan ditebar, untuk membuat hujan buatan tersebut.

Penebaran material, untuk memancing awan yang berpotensi hujan dilakukan di berbagi wilayah, seperti Kabupaten Bengkalis, Pelalawan, Rohil, dan daerah Dumai.

"Pagi tadi sudah tiga ton garam ditebar. Dan tiga ton lagi ditebar sore," kata Komandan Satuan Tugas Penanggulangan asap melalui udara, Kolonel (Pnb) Andyawan dalam keterangan persnya, di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Rabu (26/6/2013).

Penebaran garam itu, dilakukan dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU. Andyawan yang juga Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru mengungkapkan, dengan ada penyemaian awan ini, diharapkan hujan akan terus turun di Riau agar kebakaran hutan dan lahan bisa diatasi.

"Seperti kemarin kan sudah terjadi hujan. Paling tidak sudah ada hasilnya," imbuhnya.

Sementara itu, hari ini pasukan TNI dari Jakarta terus berdatangan. Pagi tadi, pasukan Marinir kembali mendarat di Pekanbaru. Mereka akan bertugas memadamkan api melalui darat.

Sementara itu, pantauan dari Badan Meteorologi. Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini, tercarat ada 53 titik api di Riau.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5426 seconds (0.1#10.140)