BNPB gelar pasukan penanggulangan asap di Riau

Sabtu, 22 Juni 2013 - 13:19 WIB
BNPB gelar pasukan penanggulangan asap di Riau
BNPB gelar pasukan penanggulangan asap di Riau
A A A
Sindonews.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus melakukan penanggulangan bencana asap di Riau, Sumatera.

Kepala BNPB Syamsul Maarif langsung memimpin operasi penanggulangan asap di lapangan. Pagi tadi dilakukan gelar pasukan di Landasan Udara (Lanud) TNI AU Roemin Nurjadin Pekanbaru.

Syamsul mengatakan, penanggulangan bencana asap dilakukan dengan tiga strategi yaitu penegakan hukum, pemadaman kebakaran di darat dan dari udara, serta sosialisasi secara menyeluruh.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Lingkungan Hidup (LH) Balthasar Kambuaya menyatakan, saat ini sedang dilakukan penyelidikan perusahaan yang ada di Riau untuk mengetahui siapa yang melakukan pembakaran. Nantinya akan dilakukan proses hukum.

Saat ini, sudah ada dua helikopter Bolco BNPB dan satu helikopter Colibri yang dilengkapi bambi bucket, dan satu pesawat Casa 212. Pesawat Hercules C-130 TNI AU sudah berangkat dari Lanud Halim Perdanakusumah Sabtu (22/6/2013), sekira pukul 9.00 WIB tadi pagi.

Sedangkan pesawat Casa 212 versi rain making BPPT berangkat tadi pagi pukul 07.00 Wib. Dua helikopter telah terbang melakukan survei dan pemadaman dengan teknik pemboman air dari udara.

Apel diikuti 500 personel dari TNI, Polri, manggala agni, pemadam kebakaran, BPBD dan relawan. Hadir dalam apel tersebut Menteri LH, Deputi 1 Kemenkokesra, pejabat BNPB, Kapolda, dan lainnya.

Setelah apel, Kepala BNPB bersama Danrem Pekanbaru dan Wakil Gubernur Riau akan ke Bengkalis dan Rokan Hulu untuk koordinasi dengan Bupati setempat. Satu pesawat Casa akan segera terbang melakukan survai dan penyemaian awan.

Sebelumnya, BNPB telah memberikan bantuan logistik kepada BPBD Riau berupa 10.000 masker, family kits 50 paket, 100 paket peralatan dapur, dan lainnya.

Berdasarkan pantauan citra satelit Terra MODIS NASA pada Jumat 21 Juni 2013 kebakaran lahan dan hutan masih berlangsung di sekitar Kabupaten Rokan Hilir dan Kota Dumai yang asapnya ke arah timur. Sedangkan kebakaran di Kab. Pelalawan dan Indragiri Hilir asapnya mengarah ke tenggara.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1663 seconds (0.1#10.140)