Memanusiakan napi, poliklinik Lapas Sukamiskin diperbaiki

Jum'at, 21 Juni 2013 - 13:36 WIB
Memanusiakan napi, poliklinik Lapas Sukamiskin diperbaiki
Memanusiakan napi, poliklinik Lapas Sukamiskin diperbaiki
A A A
Sindonews.com - Poliklinik di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat, diperbaiki. Hal itu dilakukan agar lebih memanusiawikan penanganan para narapidananya yang sakit.

Kini, di sana akan ada empat kasur untuk rawat inap plus satu kasur untuk ruang pemeriksaan. Berbeda dengan kondisi sebelumnya yang hanya memiliki satu kasur untuk pemeriksaan pasien.

"Jadi nanti kalau ada yang sakit bisa dirawat inap di poliklinik. Biar penanganannya lebih baik dan mudah mengawasinya," kata Kalapas Sukamiskin, Giri Purbadi, Jumat (21/6/2013).

Selain menambah kasur, berbagai keperluan di poliklinik juga akan ditamba. Tenaga medis yang selama ini hanya ada dua (satu dokter umum dan satu dokter gigi) juga akan ditambah. "Kita minta tambahan dua dokter lagi," ungkapnya.

Giri mengaku sudah mengajukan penambahan tenaga medis ke Kementerian Hukum dan HAM. "Sudah disetujui. Wamenkum HAM bahkan akan memberikan satu unit ambulans," jelasnya.

Selain itu, dapur juga akan diperbaiki. Peralatan dapur akan ditambah. Jika tadinya memasak nasi menggunakan cara manual. Nantinya akan menggunakan rice cooker. "Kelayakan makanan sangat kita perhatikan. Biar lebih higienis," ujar Giri.

Disinggung soal jumlah pegawai di Lapas Sukamiskin, ia menyebut ada 111 yang dibagi menjadi empat shift. Jumlah itu dirasa kurang ideal.

"Tapi jika dibandingkan dengan lapas lain, jumlah segitu sudah cukup memadai," tuturnya. Sehingga untuk pegawai, pihaknya tidak mengajukan penambahan.

Giri menambahkan, untuk poliklinik saat ini sedang proses renovasi. Begitu juga dengan dapur. Dalam waktu dekat, diharapkan proses renovasi itu segera selesai.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5449 seconds (0.1#10.140)