Mahasiswa desak Papua Barat masuk MSG

Senin, 10 Juni 2013 - 13:34 WIB
Mahasiswa desak Papua Barat masuk MSG
Mahasiswa desak Papua Barat masuk MSG
A A A
Sindonews.com - Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Bandung menyatakan dukungannya agar Papua Barat jadi anggota Melanesian Spearhead Groups (MSG).

"Kami mendukung sikap negara-negara rumpun Melanesia untuk menjadikan Papua Barat anggota MSG," ujar juru bicara aksi, Pian Pagawak di halaman Gedung Sate, Bandung, (10/6/2013).

Dijelaskannya, aksi dilatarbelakangi dengan akan digelarnya MSG Summit pada pertengahan Juni ini di Kota Noumea, New Caledonia (Kaledonia Baru).

Salah satu pembahasan dalam MSG Summit adalah proposal West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL) untuk mengajukan Papua Barat menjadi anggota MSG.

Pian mengatakan, MSG merupakan forum bilateral negara-negara rumpun Melanesia, menganggap persoalan Papua merupakan persoalan rumpun Melanesia yang berada di bawah koloni Indonesia.

Dalam aksinya, massa membawa bendera hitam-merah. Bendera itu berisi tuntutan Hak Menentukan Nasib adalah Solusi Demokrasi. Mendukung Papua Barat Menjadi Anggota Melanesian Spearhead Groups (MSG).

"Kami mendesak Indonesia untuk membuka ruang demokrasi dan memberikan hak menentukan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat Papua," pungkas Pian.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8944 seconds (0.1#10.140)