Puluhan imigran terdampar di Pantai Cimari

Jum'at, 07 Juni 2013 - 10:26 WIB
Puluhan imigran terdampar di Pantai Cimari
Puluhan imigran terdampar di Pantai Cimari
A A A
Sindonews.com - Mesin perahu bermasalah, puluhan imigran asal Iran terkatung-katung di dekat pantai Cimari, Garut. Petugas mengamankan 56 orang imigran yang akan ke Australia.

Kapolsek Cikelet AKP Taka Supanta mengatakan, mesin perahu yang mengangkut puluhan imigran tersebut mati di dalam jarak 200 mil dari Pantai Cimari atau di kawasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Awalnya, para awak kapal panik dan meminta pertolongan ke petugas Sat Polair Polres Garut melalui saluran radio.

"Akhirnya, petugas dibantu nelayan berhasil melabuhkan perahu mereka di pantai. Para imigran gelap pun dibawa ke kantor Kecamatan Cikelet untuk ditampung sementara," kata Taka Kamis 6 Juni 2013.

Dari puluhan imigran yang diamankan, sebanyak enam orang di antaranya merupakan anak-anak. Menurut Taka, pihaknya kewalahan karena sikap para imigran ini enggan untuk diatur.

"Mereka seringkali mencoba untuk kabur," ucapnya.

Sebagian lagi, sambung dia, meminta untuk dipulangkan ke Jakarta. Meski begitu, pihaknya berusaha mengamankan mereka dan meminta mereka tetap diam di kantor kecamatan.

"Kami kerepotan sekali. Petugas terus berusaha mengumpulkan mereka lagi. Sikap mereka kurang sopan dan tidak mau diatur," ujarnya.

Menurut Taka, pihak Polres Garut telah menghubungi Kantor Imigrasi dan International Organization for Migration (IoM) untuk berkoordinasi dalam menangani para imigran tersebut.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6788 seconds (0.1#10.140)