Lulus SMP, ratusan siswa jadi nganten

Sabtu, 01 Juni 2013 - 13:07 WIB
Lulus SMP, ratusan siswa...
Lulus SMP, ratusan siswa jadi nganten
A A A
Sindonews.com - Setelah dinyatakan lulus Ujian Nasional (UN), sejumlah siswa SMP di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah melakukan prosesi ngantenan dan diarak keliling kampung.

Apa yang dilakukan ratusan siswa MAdrasah Tsanawiyah (MTs) ini adalah salahsatu luapan kegembiraan setelah dinyatakan lulus UN. Tak sekedar menggunakan baju pengantin, mereka juga mendekorasi sekolahnya dengan janur kuning layaknya sebuah resepsi pernikahan.

Salah satu siswa MTs 1 Rakit, Dewi mengatakan, acara ini sengaja dilakukan untuk meredam aksi corat-coret dan konvoi merakayakan kelulusan.

"Kami juga ingin agar generasi muda mencintai budaya jawa yang mulai ditinggalkan. Jadi prosesi ini tidak hanya sekedar luapan kegembiraan, tapi juga menekankan sisi budaya,' ujarnya di sekolah, Sabtu (1/6/2013).

Setelah memastikan kelulusannya, 150 siswa yang sudah mengenakan pakaian kebaya ini sungkeman kepada guru mereka. Selanjutnya, secara berpasangan mereka diarak keliling kampung sejauh dua kilometer.

"Kami harap acara ini bisa menjadi pembelajaran siswa untuk mengenal budayanya sendiri yaitu budaya Jawa. Acara ini sekaligus antisipasi dari sekolah agar siswa tidak meluapkan kebahagiaan dengan acara konvoi dan corat-coret,"kata Kepsek Mts 1 Rakitan, Ridlo.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1883 seconds (0.1#10.140)