Menteri Agama akan tanyakan sistem seleksi masuk UGM

Jum'at, 31 Mei 2013 - 17:38 WIB
Menteri Agama akan tanyakan...
Menteri Agama akan tanyakan sistem seleksi masuk UGM
A A A
Sindonews.com - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali akan menanyakan langsung sistem seleksi masuk ke Universitas Gadjah Mada (UGM).

Menag juga akan meminta klarifikasi kepada pihak UGM terkait tidak masuknya lulusan Madrasah Aliyah (MA) menjadi mahasiswa baru di kampus tersebut.

"Banyak madrasah yang berkualitas dan berprestasi di Indonesia. Karenanya kita akan tanyakan ke rektornya langsung," ujar Suryadharma Ali, di Yogyakarta, Jum'at (31/5/2013).

Pernyataan Menteri Agama ini terkait tidak ada satupun lulusan MA di DIY yang diterima di UGM melalui SNMPTN. Bahkan se-Indonesia hanya lima lulusan MA yang diterima di kampus tersebut melalui program tersebut.

Menteri agama sendiri di Yogyakarta bersama dengan delegasi muslim Thailand Selatan yang belajar tentang kehidupan masyarakat muslim di Yogyakarta. Selama di Yogya mereka bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan mengunjungu pondok pesantren Al Munawir Krapyak Yogyakarta.

Menurut Menteri Agama, melalui klarifikasi tersebut nanti akan terlihat dengan jelas penyebab tidak masuknya lulusan MA ke kampus negeri di Yogyakarta itu. Menteri agama juga akan melihat progress lulusan MA yang tahun sebelumnya berhasil di terima di UGM.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementrian Agama (Kemenag) DIY, Maskul Haji mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat klarifikasi terkait hal itu ke pihak UGM. Surat tersebut telah dikirim Kamis kemarin.

"Kita minta kejelasan dan transparansi terkait hal tersebut," ujarnya.

Menurutnya, di DIY sendiri ada 44 MA baik negeri maupun swasta. Beberapa diantaranya kualitasnya tidak kalah dengan sekolah umum. Bahkan ada satu MA yang prestasi ujian nasional Bahasa melebihi sekolah umum. Karena itulah pihaknya meminta klarifikasi ke UGM.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8865 seconds (0.1#10.140)