Mayday, 100 ribu buruh Pasuruan hanya gelar jalan santai

Minggu, 28 April 2013 - 18:07 WIB
Mayday, 100 ribu buruh Pasuruan hanya gelar jalan santai
Mayday, 100 ribu buruh Pasuruan hanya gelar jalan santai
A A A
Sindonews.com - Sekira 100.000 buruh di Kabupaten Pasuruan dipastikan akan turun ke jalan untuk merayakan hari buruh internasional (Mayday) di kawasan Pandaan.

Para buruh ini tidak akan menggelar longmarch atau memblokade jalan raya untuk menyuarakan tuntutannya seperti kebanyakan aksi buruh lainnya.

Gabungan buruh dari serikat pekerja diberbagai perusahaan akan turun ke jalan untuk mengikuti kegiatan jalan santai. Tidak tanggung-tanggung, total hadiah doorprize yang disediakan mencapai Rp167 juta yang bersumber dari APBD Kabupaten Pasuruan. Hadiah utamanya adalah paket ibadah umrah dan sepeda motor.

Ketua Panitia Mayday, Suryono Pane, mengungkapkan, kegiatan jalan santai ini sengaja digelar untuk menggantikan tradisi turun jalan aksi buruh secara serentak. Meski demikian, kegiatan jalan santai ini tidak akan mengurangi makna akan peringatan hari buruh internasional.

Karena setelah kegiatan jalan santai, akan dilanjutkan dengan panggung hiburan yang diselingi dengan orasi buruh untuk menyuarakan tuntutannya. Perwakilan serikat pekerja tetap dapat menyampaikan aspirasi untuk meningkatkan kesejahteraan buruh.

"Kami mengundang jajaran Muspida Kabupaten Pasuruan dan Apindo untuk secara bersama-sama turut memperingati hari buruh. Mereka juga akan mendengar secara langsung apa yang menjadi tuntutan pekerja," kata Suryono Pane yang juga Ketua Sarbumusi Kabupaten Pasuruan, Minggu (28/4/2013).

Kegiatan jalan santai ini, lanjut Suryono Pane, akan diberangkatkan dari Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan. Pihaknya berharap agar kalangan perusahaan turut berpartisipasi dengan cara meliburkan karyawannya pada 1 Mei tersebut.

"Kami mengimbau agar perusahaan memberi kesempatan dan meliburkan karyawannya untuk mengikuti kegiatan jalan santai. Kami tidak menginginkan peringatan hari buruh ini dilakukan dengan cara-cara represif, seperti mensweeping karyawan yang tetap masuk kerja," tandasnya.

Sampai saat ini, para buruh yang akan mengikuti kegiatan jalan santai telah mencapai 43.000. Pihaknya optimis jalan santai tersebut bisa diikuti 100.000 buruh. Target ini bisa tercapai jika perusahaan-perusahaan mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan karyawannya pada peringatan Mayday.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3884 seconds (0.1#10.140)