Gelombang tinggi, wisatawan membandel mandi di laut

Minggu, 28 April 2013 - 13:18 WIB
Gelombang tinggi, wisatawan membandel mandi di laut
Gelombang tinggi, wisatawan membandel mandi di laut
A A A
Sindonews.com - Gelombang tinggi di pantai utara tepatnya di wilayah Kabupaten Tegal, saat ini masih tinggi. Hal itu seiring dengan cuaca yang kerap turun hujan.

Karenanya, guna mencegah timbulnya korban jiwa, beberapa fasilitas umum seperti Obyek Wisata Purwahamba Indah (Purin) Suradadi, dijaga ketat oleh sejumlah tim SAR.

"Koordinasi dengan pengelola OW terus dilakukan guna mencegah terjadinya korban," kata Humas SAR Tegal Slawi (Gallawi) Rescue Arif Rahman, Minggu (28/4/2013).

Dirinya tak menampik, saat ini ombak tinggi masih menjadi ancaman bagi pengunjung pantai. Terlebih bertepatan pula dengan hari libur akhir pekan. Sehingga pihaknya meminta masyarakat untuk tidak mandi di laut saat liburan tersebut.

"Masyarakat harus bisa memahami keadaan dan cuaca. Lebih baik menghindari bahaya daripada menerjang," tegasnya.

Namun dari pantauannya, banyak wisatawan yang nekat mandi meski telah dilarang. "Beberapa tanda peringatan larangan telah dipasanga. Tapi tetap dilanggar," ujarnya.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pantai OW Purin Suradadi, Adi Priono. Menurut dia, seiring cuaca memburuk dan berdampak pada ketinggian ombak, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan tim SAR Gallawi Rescue untuk melakukan penjagaan di pantai. Selain itu pula, petugas keamanan Purin turut juga dikerahkan untuk memantau para wisatawan yang mandi di laut.

"Padahal mandi di laut telah kami larang. Antara lain dengan memasang tanda peringatan bertuliskan Larangan Mandi Di Laut," kata Adi yang mengaku kerap melihat pengunjung yang tetap nekat mandi di laut.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8583 seconds (0.1#10.140)