Tiga desa di Lahat diterjang puting beliung

Jum'at, 26 April 2013 - 09:58 WIB
Tiga desa di Lahat diterjang...
Tiga desa di Lahat diterjang puting beliung
A A A
Sindonews.com - Belasan rumah di tiga desa di Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat porak poranda disapu angin puting beliung sekira pukul 15.30 WIB, sore kemarin.

Derasnya angin yang disertai guyuran hujan tersebut berlangsung hingga dua jam lebih. Alhasil, rumah rumah warga yang berada di Desa Bintuhan, Desa Danau serta Desa Kebon Jati luluh lantak tersapu angin yang berputar tersebut.

Data yang dimiliki pihak kecamatan, setidaknya dua rumah rusak berat di Desa Kebon Jati, dan 10 rumah rusak ringan. Untuk Desa Bintuhan sebanyak tiga rumah rusak berat, dan tiga rumah lainnya di Desa Danau tiga rumah. Sedangkan 33 rumah di tiga desa rusak ringan dibagian atap dan dindingnya.

Pengakuan Herman (35) warga Desa Bintuhan mengatakan, saat kejadian hujan deras tengah mengguyur desa mereka. Herman yang kala itu tengah berada di rumahnya tiba tiba mendengar suara seperti gemuruh yang besar. Tak lama, terdengar suara dentuman yang ternyata diketahui tumbangnyo pohon kelapa yang menimpa rumah tetangganya.

"Saya langsung keluar dan menarik anak istri saya," ujar Herman, Jumat (26/4/2013).

Kondisi ini juga diakui Camat Kota Agung Leprintis mendapatkan laporan sekitar jam 17.00 WIB. Menurutnya, saat ini pihaknya tengah mendata rumah rumah yang dinyatakan rusak berat dan ringan.

"Saat ini tidak ada korban jiwa. Hanya saja, rumah rumah warga yang rusak sudah kita data untuk diteruskan ke Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Lahat untuk mendapatkan bantuan," ujarnya.

Pasca kejadian ini pun, lanjutnya untuk sementara waktu, warga yang rumahnya rusak, terpaksa mengungsi dirumah tetangga mereka.

"Kita juga berkoordinasi dengan Dinkessos untuk menyediakan tenda darurat sebagai tempat tinggal penampungan sementara," pungkasnya
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7271 seconds (0.1#10.140)