Kagumi Candi Borobudur, Menlu Denmark keluarkan ponsel

Jum'at, 19 April 2013 - 15:08 WIB
Kagumi Candi Borobudur, Menlu Denmark keluarkan ponsel
Kagumi Candi Borobudur, Menlu Denmark keluarkan ponsel
A A A
Sindonews.com – Menteri Luar Negeri Denmark Villy Sovndal mengaku mengagumi relief Candi Borobudur. Untuk mengabadikan kejayaan candi umat Buddha terbesar itu, Villy memotret sejumlah relief menggunakan kamera ponsel-nya.

Villy datang bersama rombongan di candi peninggalan Dinasti Syailendra itu sekira pukul 09.00 WIB. Dia kemudian naik melalui sisi timur dengan dipandu petugas dari Balai Konservasi Candi Borobudur, Panggah Ardiyansyah..

“Relief ini sangat mengagumkan. Pertama kali saya melihat Borobudur, dan ini luar biasa,” kata Villy di lokasi, Jumat (19/4/2013).

Bahkan, Villy mengeluarkan ponsel miliknya untuk memotret bagian-bagian relief yang menurutnya unik. Terutama relief yang berada di tingkat dua.

Menlu Denmark yang berada di atas candi sekitar 40 menit tersebut sempat kembali mengabadikan pemandangan di sekitar candi dengan menggunakan ponsel-nya.

Pemandu dari Balai Konservasi Borobudur, Panggah Ardiyansah mengatakan, selain mengagumi relief, Menlu Denmark juga tertarik untuk mempelajari stupa Candi Borobudur.

"Dia sangat memperhatikan cerita tentang Candi Borobudur yang kami sampaikan dan dia mengagumi relief candi yang dibuat sangat detail," katanya.

Panggah menambahkan, Menlu Denmark yang baru pertama kali berkunjung ke Borobudur tersebut juga mengagumi pemandangan di sekitar candi yang sangat indah.

"Beliau juga menanyakan tentang fungsi stupa dan kami jelaskan bahwa pada zaman dulu stupa digunakan untuk menyimpan benda-benda suci," tandas Panggah.

Kunjungan ke Candi Borobudur tersebut merupakan angkaian kunjungannya di Jawa. Diawali dari Jakarta, Villy kemudian ke Akademi Polisi Semarang, Candi Borobudur Magelang. Rencananya, kunjungannya akan dipungkasi di Yogyakarta untuk bertemu dengan Sri Sultan Hamengkubuwono.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7197 seconds (0.1#10.140)