Soal UN braille SMP kembali tanpa LJUN

Jum'at, 19 April 2013 - 13:38 WIB
Soal UN braille SMP kembali tanpa LJUN
Soal UN braille SMP kembali tanpa LJUN
A A A
Sindonews.com - Ketiadaan Lembar Jawab Ujian Nasional (LJUN) pada soal UN braille dipastikan kembali terjadi pada pelaksanaan UN SMP/MTs. Hal ini telah dipastikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY.

"Setelah kami konfirmasikan ke pihak percetakan, memang untuk soal UN braille tidak disertakan LJUN braille maupun LJUN awas. Sehingga kembali kami akan menggunakan kertas HVS biasa, baru nanti dipindahkan ke LJUN biasa oleh tim pengawas. Namun memang kali ini akan dilakukan oleh kami sendiri," ujar Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji yang ditemui saat dropping soal UN Jumat (19/4/2013).

Menurut Aji, dari konfirmasi yang disampaikan oleh pihak percetakan, Kemendikbud RI memang tidak menginstruksikan pembuatan LJUN braille. Selain menyediakan kertas HVS, Disdikpora DIY pun berinisiatif menyediakan soal awas untuk mengantisipasi jika siswa tuna netra tidak mampu membaca huruf braille.

"Harusnya tiap soal braille memang didampingi dengan LJUN braille dan soal awas. Ini untuk mengantisipasi siswa tidak bisa membaca huruf braille dan kami juga tidak kesulitan mencari guru yang bisa membaca huruf braille," imbuhnya.

Naskah soal UN untuk tingkat SMP/MTs telah didrop ke gudang penyimpanan Disdikpora DIY Jumat dengan dua armada milik PT Pos Indonesia dari tempat percetakan di Kudus, Jateng. Dan besok (Sabtu, 20/4/2013) soal-soal didrop ke sekolah-sekolah pokja yang berjumlah 66 sekolah.

Aji menambahkan, dalam UN nanti, sebanyak dua siswa juga terpaksa mengikuti ujian di Rutan Cebongan. Mereka tersangkut kasus kriminal dan masih dalam proses hukum.

Jumlah siswa SMP/MTs yang mengikuti UN nanti sebanyak 47.476 orang. Sedangkan SMPLB sebanyak 40 siswa. Untuk tahun ini akan ada delapan siswa tuna netra yang mengikuti UN. Mereka adalah siswa di MTs Yaketunis.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3162 seconds (0.1#10.140)