Kapal KM Arinda over load

Kamis, 18 April 2013 - 19:53 WIB
Kapal KM Arinda over load
Kapal KM Arinda over load
A A A
Sindonews.com - Polisi akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi tentang jumlah korban tenggelamnya Kapal Motor Karinda (Karya Indah) di Sungai Mahakam, Loa Janan, Samarinda, Kalimantan Timur.

Kepala KPPP Pelabuhan Samarinda Komisaris Harun Purwoko, Kamis (18/4/2013), mengungkapkan, jumlah penumpang di atas kapal KM Arinda ialah 68 orang.

"Dengan jumlah penumpang yang sebanyak itu, kapal sangat tidak laik menyeberang. Karena kapal tersebut hanya berkapasitas untuk mengangkut 38 orang, jelas itu over load," jelas Harun, Kamis (18/4/2013).

Menurut Harun, hal itu diperparah dengan banyaknya penumpang yang lebih memilih berdiri di anjungan depan kapal. Hal itu tentu menimbulkan hal buruk bagi badan kapal.

"Kapal jadi miring dan bisa tenggelam," kata Harun.

Seperti diberitakan sebelumnya, KM Arinda tenggelam sekira pukul 17.30 Wita. Kapal penumpang yang terbuat dari kayu ini mengangkut karyawan perusahaan kayu lapis PT Kalamur.

Tiga orang dikabarkan meninggal dunia dan 30 orang dinyatakan selamat. Meski begitu menurut data dari BNPB, ada sekira 30 penumpang lagi yang masih dinyatakan hilang.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7185 seconds (0.1#10.140)