SMAN 1 Dua Pitue Sidrap pinjam soal UN

Kamis, 18 April 2013 - 16:28 WIB
SMAN 1 Dua Pitue Sidrap pinjam soal UN
SMAN 1 Dua Pitue Sidrap pinjam soal UN
A A A
Sindonews.com - Karena tak mendapatkan soal Ujian Nasional (UN), SMAN 1 Dua Pitue, Kecamatan Dua Pitue, Kabupaten Sidrap terpaksa meminjam soal UN dari sekolah lain. Akibatnya, jadwal UN di sekolah tersebut baru dimulai pukul 11.00 Wita karena baru mendapatkan pinjaman soal dari SMAN 1 Pangsid.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan (Disdik) Kecamatan Dua Pitue, Muhammad Ali mengatakan, upaya tersebut terpaksa dilakukan agar SMAN 1 Pangsid bisa menggelar UN sesuai jadwal.

"Upaya darurat tersebut terpaksa ditempuh," ujar Ali saat ditemui di SMAN 1 Dua Pitue, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, kamis (18/4/2013).

Masalah hampir serupa juga terjadi di Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Benteng, Kecamatan Baranti. Disini, jumlah soal yang dibagikan panitia lokal (Panlok) UN tidak mencukupi jumlah peserta UN. Meski begitu panlok UN tanggap mengantisipasinya dengan melakukan penggandaan soal.

Langkah ini terpaksa ditempuh pihak sekolah bersama-sama dengan panlok UN setelah mereka mendapatkan persetujuan dari pengawas independen. Sesuai ketentuan, tindakan tersebut dapat dibenarkan.

Saat dikonfirmasi Kepala Disdik Kabupaten Sidrap Syahruddin melalui Sanabong, Kabid SMA mengatakan, proses peminjaman naskah UN terpaksa dilakukan guna mengantisipasi kekurangan soal yang terkirim dari pusat.

Sanabong bahkan memastikan, situasi tersebut masih akan berlaku hari ini atau hari kedua pelaksanaan UN mengingat belum adanya kepastian tambahan naskah UN yang akan dikirim pusat.

"Entahlah kalau Senin mendatang, kemungkinan tidak lagi dipinjamkan soal," ujarnya.

Sejak awal, SMAN 1 Dua Pitue memang tidak mendapatkan jatah soal UN. Di sekolah tersebut kata Sanabong, tercatat 259 siswa sebagai peserta UN.

"Mudah-mudahan pelaksanaan tahun ini bisa maksimal," tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6054 seconds (0.1#10.140)