Nakhoda kapal KM Karya diperiksa polisi

Kamis, 18 April 2013 - 06:09 WIB
Nakhoda kapal KM Karya diperiksa polisi
Nakhoda kapal KM Karya diperiksa polisi
A A A
Sindonews.com - Nakhoda kapal KM Karya Indah menjadi salah seorang yang selamat saat kapal tersebut tenggelam. Kapal yang terbuat dari kayu itu tenggelam di perairan Sungai Mahakam, di Kecamatan Loa Janan, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Tedi Noor Arifin (21) yang menjadi nakhoda kapal sudah diamankan oleh petugas dari Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda tak lama setelah kapal tenggelam. Sejak itu ia terus menjalani pemeriksaan intensif.

"Nakhoda kapal masih trauma, bicaranya belum lantang. Masih kita amankan di Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda," kata Kepala Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda, Kompol Harun Purwoko, Rabu (17/4/2013) malam.

Dalam keterangannya kepada penyidik, Tedi mengatakan, air masuk awalnya dari bagian depan kapal. Tak lama kemudian bagian depan kapal terlihat masuk ke dalam air. Ketika melihat kapal condong ke depan, penumpang lari ke bagian belakang kapal.

"Karena penumpang berlarian ke belakang, menurut nakhoda itu yang membuat kapal cepat tenggelam. Di atas kapal, minim jaket pelampung," kata Harun.

Belum ada penetapan tersangka dalam persitiwa ini. Polisi sendiri masih menyelidiki dengan meminta keterangan sejumlah pihak, termasuk korban selamat.

Seperti diberitakan sebelumnya, KM Karya Indah tenggelam sekira pukul 17.30 Wita. Kapal penumpang yang terbuat dari kayu ini mengangkut karyawan perusahaan kayu lapis PT Kalamur.

Satu orang dikabarkan meninggal dunia dan 14 orang selamat. Jumlah pasti penumpang kapal juga masih simpang siur. Namun data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kaltim, penumpang berjumlah 40 orang. Sedangkan data dari perusahaan menyebutkan 50 penumpang.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5576 seconds (0.1#10.140)