UN ditunda, mental siswa bisa drop

Senin, 15 April 2013 - 15:24 WIB
UN ditunda, mental siswa bisa drop
UN ditunda, mental siswa bisa drop
A A A
Sindonews.com - Tertundanya jadwal ujian nasional (UN) di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Barat (Sulbar) membuat sejumlah peserta ujian makin khawatir.

Dinas Pendidikan (Disdik) Tana Toraja mengakui, penundaan Ujian Nasional UN memengaruhi psikologi siswa. Selain kecewa, secara tidak langsung mental akan menurun setelah mengetahui pelaksanaan UN tidak sesuai dengan jadwal semula.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Tana Toraja Daud sampe Urang menyatakan, sebagian besar siswa peserta UN baru mengetahui pelaksanaan UN ditunda setelah tiba di sekolah.

Padahal, siswa dengan penuh semangat datang pagi-pagi ke sekolah agar tidak terlambat mengikuti UN. Setelah mengetahui UN ditunda, sejumlah siswa terlihat kecewa sehingga konsentrasi mereka pada mata pelajaran yang akan diujikan menjadi buyar.

“Penundaan UN memang berdampak pada mental siswa. Awalnya siswa dengan semangat untuk mengikuti UN langsung menjadi lesu mengetahui pelaksanaan UN ditunda,” ujar Daud ditemui SINDO di kantornya, Senin (15/4/2013).

Dikatakan Daud, pihaknya sudah mengeluarkan imbauan kepada masing-masing sekolah agar selama masa penundaan pelaksanaan UN, pihak sekolah tetap melakukan pembinaan terhadap siswanya.

Ditambahkan Daud, hingga saat ini, naskah dan lembar jawaban UN belum tiba di Tana Toraja. Naskah soal UN yang sudah tiba di Tana Toraja yakni naskah soal teori kejuruan mata pelajaran Produktif SMK.

Hanya saja naskah UN SMK itu dicetak di provinsi. Saat ini naskah UN mata pelajaran Produktif tersebut masih berada di Polres Tana Toraja. Penundaan pelaksanaan UN bukan disebabkan pemerintah daerah tidak siap tetapi masalah teknis lantaran soal lembar jawaban UN belum tiba di Tana Toraja.

“Selama dalam masa penundaan pelaksanaan UN, siswa yang akan mengikuti UN tetap dalam bimbingan guru di sekolah. Himbauan iItu sudah kami sampaikan ke masing-masing sekolah,” tandas Daud yang juga Ketua Penyelenggara UN SMA/SMK tingkat kabupaten Tana Toraja.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7285 seconds (0.1#10.140)