Ini hasil investigasi Komnas HAM di Cebongan

Jum'at, 12 April 2013 - 18:22 WIB
Ini hasil investigasi Komnas HAM di Cebongan
Ini hasil investigasi Komnas HAM di Cebongan
A A A
Sindonews.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah melakukan pemantauan dan penyelidikan kasus penyerangan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Sleman yang menewaskan empat tahanan. Pemantauan dan penyelidikan itu dilakukan pada 26-29 Maret 2013 lalu.

Dari hasil rekontruksi, para pelaku penyerangan lapas Cebongan, Sleman, diduga berjumlah sekira 14 orang.

"Diduga para pelaku membawa senjata panjang berjenis AK 47, serta senjata laras pendek dan membawa masing-masing dua buah granat di pinggang kiri dan kanan," ujar Ketua Komnas HAM, Siti Noor Laila dalam jumpa pers di kantornya, jalan Latuharhari, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, di lokasi terdapat 21 proyektil dan 31 selongsong peluru.

"satu diantaranya ditemukan oleh Komnas HAM dan telah diserahkan ke penyidik Polda DIY," katanya.

Komnas HAM masih akan melanjutkan proses penyelidikan terkait kasus ini, agar memperoleh hasil yang komprehensif dan objektif.

Seperti diketahui, terjadi penyerangan yang dilakukan oleh sekelompok orang bersenjata secara terlatih dan terorganisir di Lapas Klas II B Cebongan, Sleman. Dalam penyerangan tersebut, empat tahanan titipan Polda DIY tewas dibantai.

Empat korban yang tewas adalah Yohanis Juan Mambait alias Juan (Mantan Anggota Polisi), Adrianus Chandra Galaja alias Dedi, Gameliel Yermianto Rohi Riwu alias Adi, Hendrik Sahetapy Engek alias Deki.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8572 seconds (0.1#10.140)