Diabetes menahun, Wagiran pilih gantung diri

Selasa, 09 April 2013 - 15:02 WIB
Diabetes menahun, Wagiran...
Diabetes menahun, Wagiran pilih gantung diri
A A A
Sindonews.com - Belum sepekan, kasus gantung diri kembali terjadi di Kulonprogo. Kali ini, menimpa Wagiran (70), warga dusun Gadingan RT 43/20 Wates.

Pensiunan bagian Tata Usaha (TU) sebuah sekolah ini ditemukan tewas gantung diri di belakang rumahnya, Selasa (9/4/2013). Korban diduga putus asa karena penyakit menahun yang dideritanya tak kunjung sembuh.

Peristiwa memilukan ini pertama kali diketahui tetangga belakang rumah korban, Karsinah (47) pukul 05.30 WIB. Saat itu Karsinah berniat memberi makan ayam di kandang yang kebetulan terletak berdempetan dengan rumah korban. Dia terkejut melihat tubuh korban tergantung kaku pada blandar rumah korban.

"Waktu saya lihat korban sudah tergantung di blandar rumah di atas bekas kolam. Awaktu itu saya lihat kepalanya agar miring. Saya kemudian panggil suami kasih tahu kondisi korban," kata Karsinah.

Dia menjelaskan, korban selama ini tinggal bersama istrinya Suparsiwi (64), serta anak keduanya Ari Dwi Antoro (30). Sedangkan anak sulung korban bekerja di Malaysia. Aksi nekat korban membuatnya terkejut karena sebelum korban tidak menunjukan gelagat aneh. Namun dia tidak menampik jika korban menderita diabetes sejak beberapa tahun terakhir.

Nurachman, Ketua RT 43 mengatakan, dirinya langsung mendatangi rumah korban setelah menerima laporan. Sayang saat itu, anak korban Ari Dwi Antoro justru tidak tahu ayahnya tewas gantung diri.

"Setelah melapor ke Ketua RW saya balik ke lokasi lagi dan mendapati tubuh Pak Wagiran sudah diturunkan anaknya,” kata Nurachman.

Kapolsek Wates Kompol Kodrat mengatakan, kejadian tersebut disimpulkan sebagai tindak bunuh diri. Hal ini antara lain dikuatkan sejumlah tanda keluarnya feses dan air mani dari kemaluan korban serta lidah yang sedikit menjulur.

“Kesimpulan dari hasil identifikasi dan pemeriksaan medis, ini murni tindak bunuh diri,” katanya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7053 seconds (0.1#10.140)