2014, Jalur KA Makassar-Parepare dibangun

Senin, 08 April 2013 - 14:22 WIB
2014, Jalur KA Makassar-Parepare dibangun
2014, Jalur KA Makassar-Parepare dibangun
A A A
Sindonews.com - Hasil rapat konsultasi antara DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel), Pemprov Sulsel dan pemerintah pusat, menyebutkan bahwa, tahun 2014 mendatang akan ada pembangunan terminar jalur Kereta Api (KA).

Menurut Ketua Komisi D Adil Patu, hal tersebut sudah disepakati bersama setelah Pemprov Sulsel melakukan pembahasan lahan, yang ditarget rampung pada 2014 mendatang.

"Sekarang untuk sementara disiapkan proses awal pembangunan, sehingga diupayakan pada 2014 bisa rampung keduanya (Pembahasan Lahan dan Terminal KA)," ujar Adil, usai Sidang Paripurna pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang, Senin (8/4/2013).

Legislator asal PDK tersebut juga meminta agar Pemprov Sulsel, segera menindaklanjuti hasil rapat konsultasi tersebut, agar jalur KA yang merupakan proyek dari pusat tersebut, segera rampung. Apalagi, dananya sudah disiapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Keuangan dan Industri (Menko Ekuin).

Sekedar diketahui, jalur KA rute Makassar- Parepare, dianggarkan sekira Rp4 triliun. Selain jalur Makassar- Parepare, pemerintah pusat juga menyiapkan anggaran untuk jalur trans Sulawesi (Makassar- Manado), namun belum dapat ditentukan anggarannya, lantaran masih harus menunggu kepastian bantuan anggaran dari bank dunia.

“Jalur Makassar-Parepare ini, untuk mengatasi kemacetan di Makassar. Untuk studi kelayakan, sudah rampung, tinggal menunggu pembebasan lahan,” jelas Masykur.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8085 seconds (0.1#10.140)