Runway Bandara Sultan Babullah Ternate ditambah

Sabtu, 06 April 2013 - 16:03 WIB
Runway Bandara Sultan Babullah Ternate ditambah
Runway Bandara Sultan Babullah Ternate ditambah
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, tahun ini mengalokakasikan tambahan anggaran untuk perpanjangan runway Bandara Sultan Babullah Ternate Maluku Utara (Malut) sepanjang 200 meter. Sementara ini, proyek perpanjangan runway Bandara Sultan Babullah Ternate sedang dalam proses tender.

"Perpanjangan tersebut di bagian Utara Bandara," kata Kepala Bandara Babullah Taslim Badarudin kepada Sindonews, Sabtu (6/4/2013).

Taslim menambahkan, Runway yang dimiliki Bandara sultan Babullah baru 2.100 meter sehingga tidak memungkinkan Pesawat berbadan besar untuk mendarat. Menurutnya, sangat penting dilakukan perpanjangan landasan pacu agar bisa memenuhi kebutuhan.

"Landasan pacu Bandara minimal harus sepanjang 2.400 meter sehingga bisa menampung pendaratan pesawat yang berbadan besar, hanya saja lahan yang dimiliki sangat terbatas sehingga baru bisa memenuhi 2.300 meter karena terkendala lahan," ungkapnya.

Di tambah Taslim, pelebaran landasan pacu juga perlu dilakukan 15 meter lagi. Pasalnya, lebarnya Runway Bandara Babullah hanya 30 meter, seharusnya 45 meter untuk pesawat seperti Garuda MJ800.

"Untuk pelebaran badan Bandara sendiri saat ini telah diusulkan ke pemerintah pusat namun diakomodir pada APBN 2014 tahun depan," tegasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7254 seconds (0.1#10.140)