Ancaman baru di Kawah Timbang

Kamis, 04 April 2013 - 17:15 WIB
Ancaman baru di Kawah Timbang
Ancaman baru di Kawah Timbang
A A A
Sindonews.com - Aktivitas Kawah Timbang di Pegunungan Dieng Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, memasuki babak baru. Sebaran gas beracun CO2 di zona bahaya mulai berkurang, namun asap belerang pekat semakin sering terjadi dan membumbung hingga ketinggian 100 meter.

Berdasarkan pantauan tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kamis (4/4/2013), aktivitas aktivitas Kawah Timbang merupakan peningkatan tekanan dan energi.

"Sekarang yang dominan terlihat asap putih, karena C02 mulai berkurang. Jadi asap belerang bisa bebas melambung ke udara," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Tunut Pujiarjo.

Pantauan visual asap pekat belerang mengarah ke timur laut dengan membumbung setinggi 70 hingga 100 meter. Bau belerang sendiri sempat tercium hingga radius 16 kilometer.

Namun PVMBG menjelaskan, penurunan sebaran gas CO2 ini bukan berarti penurunan status. Karena aktivitas kegempaan dan tekanan dari dalam kawah terus mengalami peningkatan. Berdasarkan catatan, telah terjadi tujuh jali gempa vulkanik dangkal, dan dua kali gempa vulkanik dalam.

Meski berada dalam status siaga, para petani di Dusun Simbar yang berdekatan dengan Kawah Timbang masih berladang di zona bahaya. Padahal warga diimbau tidak mendekat pada zona bahaya 1.000 meter dari kawah. Mereka biasanya akan pulang jika cuaca mendung, karena khawatir dengan gas beracun yang terbawa hujan.

Sejumlah papan jalur evakuasi telah dipasang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Namun saat ini belum ada perintah evakuasi, karena PVMBG masih merekomendasikan pemukiman warga aman dari sebaran gas beracun.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7191 seconds (0.1#10.140)